Â
Dalam langkah upaya pergerakan angka penurunan stunting saya Amalia Safitri yang tergabung dalam kelompok KKN-Tematik Stunting UMB angkatan 7 dibimbing oleh DPL apt. Herda Ariyani, M.Farm Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada tanggal (14/8/2023) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Desa Bi-ih Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan melakukan pengabdian dengan judul "Mengedukasi Tentang Makanan Sehat Untuk Pedoman ISI PIRINGKU" Isi Piringku merupakan pedoman yang disusun oleh Kementerian Kesehatan untuk mengampanyekan konsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Dalam satu piring setiap kali makan, setengah piring diisi dengan sayur dan buah, sedangkan setengah lainnya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk. Secara umum, "ISI PIRINGKU" menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Kampanye "ISI PIRINGKU" juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari. Dalam perkembangan ilmu gizi yang baru, pedoman "4 Sehat 5 Sempurna" berubah menjadi pedoman gizi seimbang yang terdiri dari 10 pesan tentang menjaga gizi.
Pembuatan konten makanan sehat ini bertujuan untuk tubuh kita menjaga keseimbangan agar kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembangnya secara baik. Selama berjalannya kegiatan program individu ini saya didampingi dengan beberapa rekan saya yaitu Anisa Fitri Syahrida, Annisa Dwi Oktaviani, Aina Habibah, Wanda Syahrina, Maulinda Nur Pramudyas Primia Setyaningrum, Fatimatul Zahra, Vivi Mardiani, Muhammad Naufal Rismana dan yang terakhir Ach Lutfi Arianto.
Makanan sehat ini mengedukasi bagaimana caranya untuk memilah makanan yang sehat melalui media role play (Paper isi piringinku) dan penayangan video singkat yang dimana dalam media tersebut ada beberapa gambar makanan yang berisi teks Bahasa Inggris sehingga siswa dapat menambah vocabulary (kosa kata) dalam edukasi tersebut. Di awal pembelajaran saya memberikan Brainstorming dan berbagi kelompok setelah itu dilanjutkan ke Pre Test di awal kegiatan dan Post Test di akhir kegiatan yang dilaksanakan di kelas empat Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bi-iH.
Di dalam presentasi tersebut ada media berupa gambar mengenai isi piringku. Setelah melewati berbagai sesi presentasi  mengenai pemaparan siswa pun melalukan praktik tentang isi piringku yang dimana potongan kertas bergambar seperti contoh gambar daging, roti, ikan, sayur, buah, dan kacang-kacangan serta makanan lainnya yang merupakan makanan sehat. Setelah siswa mempraktikan saya pun menanyakan bahan bahan di dalam isi piringku termasuk kedalam kategori apa seperti karbohidrat, protein, buah-buahan atau sayur-sayuran dan lain sebagainya, nah jadi siswa bisa memilah makanan tersebut sesuai kategorinya. Setelah itu menanyakan apakah ada pertanyaan mengenai materi pada hari ini. Lalu ada salah satu siswa yang bertanya tentang isinya yaitu "Daging termasuk kedalam kategori apa?" Lalu saya menjawab daging termasuk kedalam kategori Protein Hewani. Setelah melalui sesi tanya jawab saya pun memeberikan reward kepada semua siswa-siswi yang terkait. Hasil dari kegiatan ini membuat siswa mengetahui bagaimana pembagian dalam satu piring ISI PIRINGKU sesuai dengan porsinya dan pembagian kategori makanan yang sehat serta bagaimana caranya untuk mengonsmsi makanan yang lain.  Diakhir edukai tentang pedoman ISI PIRINGKU kami pun melakukan sesi foto bersama.