Pemasaran merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan atau individu untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada calon pelanggan (Arya et al., 2022), Ini mencakup penentuan harga, promosi, distribusi, dan variasi produk guna memenuhi kebutuhan pasar sasaran. Pemasaran lebih dari sekadar penjualan ini tentang memahami pelanggan, membangun merek, dan menciptakan hubungan jangka panjang (Alfayed et al., 2023). Pada era digital yang semuanya serba terhubung ini, perusahaan atau individu tidak hanya fokus pada metode pemasaran secara tradisional seperti iklan di televisi, radio, atau media cetak seperti koran dan saat ini Perusahaan, terutama lembaga keuangan yang memanfaatkan trend pemasaran digital untuk mendukung kegiatan promosi mereka (Suyono, 2022). Pemasaran digital dalam kegiatan yang dilakukan seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial merupakan salah satu upaya sebuah perusahaan dalam melakukan branding atas produk yang dimilikinya (Az-Zahra & Sukmalengkawati, 2022).
KEMBALI KE ARTIKEL