Manajemen internasional (international management) adalah manajemen operasi bisnis yang dilakukan di lebih dari satu negara. Tugas-tugas mendasar manajemen bisnis, termasuk pendanaan, produksi, serta distribusi barang dan jasa, tidak banyak berubah ketika suatu perusahaan melakukan transaksi bisnis di tingkat internasional. Fungsi-fungsi manajemen dasar perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian tidak berubah ketika suatu perusahaan beroperasi baik di kancah domestik maupun internasional. Namun, para manajer akan menghadapi kesulitan dan risiko lebih besar ketika menjalankan fungsi-fungsi manajemen tersebut di kancah internasional. Amatilah beberapa kesalahan berikut:
Pengusaha ayam AS Frank Purdue menerjemahkan slogan iklan yang sebelumnya berhasil, "Diperlukan pria tangguh untuk menghasilkan ayam yang empuk," ke dalam bahasa Spanyol, "Diperlukan pria subur untuk membuat ayam yang penyayang." Â Â Â Â Â Â Â Â
KEMBALI KE ARTIKEL