Dakwah tidak hanya menyampaikan ajaran agama tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran. Metode integrasi meliputi:
Pembelajaran Berbasis Nilai: Menanamkan akhlak dan kepedulian sosial.
Diskusi dan Dialog: Mendorong siswa untuk memahami tantangan dakwah.
 Proyek Nyata: Membuat siswa terlibat dalam kegiatan dakwah, seperti pengabdian masyarakat.
 Refleksi dan Interdisipliner: Menghubungkan ilmu agama dan umum secara holistik.
 Pembelajaran Berbasis Masalah: Menyelesaikan konflik sosial dengan strategi dakwah.
2. Peran Dakwah dalam Pembentukan Kurikulum dan Metodologi Pengajaran
  Dakwah memberikan landasan nilai dalam kurikulum, seperti:
  Pembentukan Nilai Dasar: Kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab sosial.
  Integrasi Ilmu Agama dan Umum: Menghindari dikotomi pendidikan.
  Metodologi Pengajaran: Menerapkan pendekatan persuasif, dialogis, dan keteladanan untuk mendukung pembelajaran.
Kesimpulan