1. Menarik perhatian siswa (attention)
Pastikan peserta didik siap untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan, dengan menghadirkan stimulus untuk menarik perhatian mereka. Guru dapat merangsang siswa dengan hal-hal baru atau bersifat kejutan, seperti mengajukan pertanyaan yang menggugah pikiran kepada siswa. Juga guru dapat meminta siswa mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh siswa lain.
2. Informasikan tentang tujuan pembelajaran (Inform)
Menginformasikan siswa tentang tujuan dari pembelajaran untuk membantu mereka memahami apa yang diharapkan. pastikan pebelajar paham mengapa mereka harus mempelajari materi tersebut dan ikut aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
Guru menjelaskan kinerja yang dibutuhkan serta menjelaskan kriteria standar yang harus dicapai dan meyertakan tujuan pembelajaran pada petunjuk penilaian.
3. Mengingat kebali pembelajaran sebelumnya (retrieve)
Bantu siswa memahami informasi baru dengan menghubungkannya dengan sesuatu yang sudah mereka ketahui atau sesuatu yang telah mereka alami.