Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

9 Tahap dalam Pembelajaran

15 Oktober 2021   21:50 Diperbarui: 15 Oktober 2021   22:03 134 0
Robert Mills Gagne adalah seorang psikolog pendidikan Amerika yang mencetuskan metode sembilan tahapan dalam pembelajaran (Nine levels of learning). Sembilan tahapan dalam pembelajaran ini adalah proses yang sistematis dalam belajar agar pembelajaran menjadi lebih bermakna serta siswa dapat megingat pembelajaran lebih lama. Metode ini dapat dikombinasikan dengan metode-metode lain, agar dapat menghasilkan pengalaman belajar yang lebih bermakna.

1. Menarik perhatian siswa (attention)
Pastikan peserta didik siap untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan, dengan menghadirkan stimulus untuk menarik perhatian mereka. Guru dapat merangsang siswa dengan hal-hal baru atau bersifat kejutan, seperti mengajukan pertanyaan yang menggugah pikiran kepada siswa. Juga guru dapat meminta siswa mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh siswa lain.

2. Informasikan tentang tujuan pembelajaran (Inform)
Menginformasikan siswa tentang tujuan dari pembelajaran untuk membantu mereka memahami apa yang diharapkan. pastikan pebelajar paham mengapa mereka harus mempelajari materi tersebut dan ikut aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
Guru menjelaskan kinerja yang dibutuhkan serta menjelaskan kriteria standar yang harus dicapai dan meyertakan tujuan pembelajaran pada petunjuk penilaian.

3. Mengingat kebali pembelajaran sebelumnya (retrieve)
Bantu siswa memahami informasi baru dengan menghubungkannya dengan sesuatu yang sudah mereka ketahui atau sesuatu yang telah mereka alami.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun