Untuk mendukung pemanfaatan teknologi digital dalam pelayanan publik diperlukan perencanaan dan strategi yang matang, seperti memperhatikan kebutuhan dalam menyediakan infrastruktur teknis yang sesuai serta untuk mengatasi keterbatasan akses masyarakat terhadap teknologi digital. Selain itu, ketika menggunakan teknologi digital, kita juga harus fokus pada perlindungan data dan privasi masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan melalui teknologi digital dijamin aman, andal, dan  memberikan manfaat besar bagi masyarakat.
Adapun contoh terhadap perkembangan digital yang digunakan dalam pelayanan publik, salah satunya ialah e-Government. E-Government ini merupakan pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah melalui Internet. Teknologi digital dapat digunakan untuk menyatukan pelayanan publik ke dalam suatu sistem yang terstruktur sehingga masyarakat dapat mengaksesnya dengan sederhana dan tepat.
Untuk mendukung peningkatan penggunaan teknologi digital dalam pelayanan publik, pemerintah harus melakukan peningkatan terhadap akses yang akan dipakai masyarakat dalam menggunakan teknologi digital, memperluas jangkauan jaringan internet yang digunakan dalam teknologi digital, menciptakan sistem yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat, serta melakukan peningkatan terhadap kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pengembangan berkelanjutan.
Dapat disimpulkan bahwa perkembangan pelayanan publik pada era digital ini, mampu mempengaruhi seluruh aspek dalam masyarakat. Perkembangan yang semakin maju akan menciptakan sebuah sistem yang inovatif dan memberikan pengaruh signifikan dalam perkembangan pelayanan publik.