Iklan adalah bentuk komunikasi massa yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Iklan banyak ditampilkan dalam bentuk audio visual dan ditayangkan di televisi. Selain sebagai media visual untuk mempromosikan suatu produk, secara tidak langsung iklan juga dapat dikatakan sebagai media penyebaran pesan sosial kepada massa. Suatu iklan dinilai efektif jika dapat membuat khalayak tertarik untuk memahami isi pesan yang disampaikan di dalam iklan  (Septi et al., 2010). Mayoritas iklan yang tampak di masyarakat menggambarkan representasi gender pria dan wanita dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam iklan biasanya terdapat pemain iklan yang menginterpretasi peran yang sudah ditetapkan dalam skenario iklan. Skenario iklan seringkali menampilkan kehidupan rumah tangga antara ayah, ibu, dan anak yang banyak ditemukan di iklan produk kebersihan dan produk memasak. Akan tetapi,  pada kenyataannya masih banyak iklan yang kurang mencerminkan adanya representasi kesetaraan dalam gender pria dan wanita.
KEMBALI KE ARTIKEL