Pada tahap pertama, Building Knowledge of the Field (BKOF), siswa dan guru bekerja sama untuk memahami konteks di mana teks-teks Arab tersebut dihasilkan. Ini sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab, karena bahasa ini kaya akan konteks budaya dan religi yang memengaruhi makna dan penggunaan bahasa. Dalam tahap ini, siswa dikenalkan dengan kosa kata kunci, pola kalimat, dan ungkapan-ungkapan yang relevan dalam bahasa Arab. Aktivitas seperti diskusi budaya Arab, pemahaman konteks religi, dan pengenalan struktur teks Arab klasik atau modern membantu siswa untuk membangun fondasi yang kuat dalam memahami teks.
Tahap kedua, Modeling of Text (MOT), berfokus pada analisis mendalam terhadap teks-teks Arab. Guru membantu siswa untuk memahami struktur teks, elemen-elemen genre, dan fitur linguistik dalam bahasa Arab, seperti tata bahasa (nahwu dan sharf), serta gaya bahasa yang digunakan. Pada tahap ini, aktivitas seperti membandingkan teks Arab klasik dan modern, mengidentifikasi pola kalimat, serta memahami makna kontekstual kata-kata Arab sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Dalam tahap Joint Construction of Text (JCOT), siswa bersama guru atau sesama siswa bekerja sama untuk menghasilkan teks Arab, baik secara lisan maupun tulisan. Tahap ini memberikan siswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang telah mereka peroleh dalam situasi nyata.Â