State of Digital Publishing pernah melansir apa itu Content Creator, menurut State of Digital Publishing Content Creator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab pada setiap informasi yang mereka sebarkan di media, khususnya media digital. Berdasarkan laman tersebut, content creator umumnya mempunyai target penonton atau audiensnya masing-masing.
Sedangkan ada pendapat lain dari HubSpot mengenai Content Creator, menurut HubSpot Content Creator adalah orang yang memproduksi materi atau konten yang mempunyai nilai edukasi ataupun hiburan di dalam kontennya. Nantinya, materi tersebut akan disesuaikan dengan keinginan dan juga ketertarikan dari masing-masing audiensnya.
tetapi pada umumnya Content Creator adalah Seorang yang menciptakan sebuah hasil karya berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Nah konten-konten yang dibuat oleh para Content Creator itu biasanya di publikasikan melalui platform digital, seperti YouTube, Instagram, Snapchat, WordPress, dan sebagainya.
Topik-topik yang dipilih oleh para content creator juga sangat beragam, mulai dari fashion, beauty, kuliner, sampai daily vlog. Keberadaan profesi content creator memang tidak lepas dari kemajuan era teknologi. Apalagi dengan semakin terbukanya akses informasi dan komunikasi, maka semakin luas kesempatan bagi kamu untuk jadi seorang content creator, yang penting niat! Jadi, ketika kalian benar-benar niat dalam membuat konten, maka followers, subscribers, AdSense, endorsement, dan lainnya akan datang dengan sendirinya.
Nah, untuk menjadi seorang content creator, kalian dituntut untuk mempunyai ide-ide orisinil dan unik supaya bisa menghasilkan materi baru yang berbeda tapi tetap bisa diterima dan laku di masyarakat. Konten yang kamu buat pun diharapkan bisa menjadi trend-setter. Selain itu, jika ingin menjadi content creator yang andal dibutuhkan kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam hal menulis, mengambil foto, merekam gambar, maupun menyunting video. Biasanya content creator banyak dibutuhkan di industri kreatif, tapi nggak sedikit pula yang bekerja secara individu.
seorang Content Creator juga berperan penting dalam industri dan strategi pemasaran, karena konten yang berkualitas dan juga unik lebih tepat sasaran sehingga membuat audiens atau calon konsumen tertarik dengan produk atau jasa yang di promosikan melalui konten yang dimuat oleh seorang Content Creator.
Terdapat beberapa alasan mengapa kalian memerlukan content creator untuk keperluan strategi pemasaran bisnis kalian. Khususnya untuk kalian yang sangat mengandalkan strategi content marketing. Berikut ini adalah penjelasannya.
- Memudahkan membuat konten yang menarik, Untuk menjalankan strategi content creator, maka Anda memerlukan konten yang menarik dan juga memiliki kualitas tinggi. Konten yang harus Anda produksi juga harus mampu memenuhi berbagai aspek, seperti SEO, target audiens, dll.Oleh karena itu, jangan heran jika 65% perusahaan saat ini merasa kesulitan dalam memproduksi konten yang menarik. Tapi dengan adanya peran content creator, maka Anda bisa dengan mudah membuat konten yang menarik dan konsisten.
- Membangun konsistensi Branding,Seorang content creator bisa merealisasikan suatu strategi dalam wujud karya yang unik dan juga menarik dimata audiens. Misalnya saja dalam hal penggunaan font, warna dan juga tone yang tepat dan juga sesuai dengan brand image Anda.Dari kreativitasnya itulah seorang content creator memiliki peran yang sangat penting dalam memproduksi dan mempertahankan branding yang dimiliki oleh suatu perusahaan.