Dalam menyelesaikan suatu permasalahan geometri ruang, siswa membutuhkan pembelajaran matematika yang bersifat realistis. Bidang geometri ruang dianggap paling sulit untuk dipahami dibandingkan dengan bidang-bidang lain dalam matematika (Nur’aini et al., 2017). Hal tersebut terkait dengan dibutuhkannya kemampuan spasial dalam siswa mempelajari dan memahami mulai dari titik, garis, bidang, dan ruang serta hubungan mereka satu sama lain. Akan tetapi, diketahui masih banyak guru yang hanya memberikan teori dan gambar manual saja pada saat pembelajaran geometri ruang. Hal tersebut dirasa kurang efektif untuk diterapkan kepada sebagian siswa yang memiliki daya kemampuan spasial yang rendah. Efektivitas dan mutu pembelajaran menjadi rendah dan sulit dipahami dengan cepat. Hal ini menyebabkan kesulitan tersendiri bagi sebagian siswa dalam memahami konsep dan pembelajaran geometri ruang. Padahal pemahaman konsep sangat penting dan diperlukan dalam matematika.
KEMBALI KE ARTIKEL