Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Motivasi dan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini

12 Oktober 2020   01:16 Diperbarui: 12 Oktober 2020   01:27 278 2
Proses pendidikan berlangsung semenjak manusia turun ke bumi. Pendidikan pertama kali ditemukan melalui adanya keluarga. Keluarga menjadi faktor pertama dan utama sebelum lingkungan sosial. Pendidikan sudah dimulai sejak adanya Adam dan Hawa karena mereka dipercaya sebagai manusia yang pertama kali diturunkan ke dunia ini. Oleh karena itu psikologi pendidikan juga telah muncul sejak adanya Adam dan hawa didunia ini. Psikologi pendidikan terus-menerus mengalami perkembangan jaman ilmu pengetahuan dan teknologi. Lembaga pendidikan sebagai organisasi atau wadah didalamnya ada sekumpulan orang,prosedur,kurikulum,alat-alat dan komponen lainnya yang ada didalamnya. Pendidik ialah subjek dalam proses kegiatan belajar mengajar mereka harus memiliki motivasi dan peran aktif dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Pendidik atau guru dituntut sebagai fasilitator yang membantu dan mempermudah anak itu dalam mencapai tujuan belajar agar mereka menjadi anak didik yang berkualitas. Agar pendidik dapat melasksanakan tugasnya dengan baik,mereka dituntut untuk memiliki kemampuan,motivasi,dan etos kerja yang baik. Minimnya kualitas lulusan siswa membuat masyarakat cenderung menunjuk guru sebagai faktor penyebabnya. Kurangnya motivasi dan etos kerja menjadi masalah yang perlu diperhatikan oleh seorang guru. Guru yang mempunyai keinginan kuat dalam menjadikan siswa didiknya menjadi sukses,tentu mereka akan memiliki motivasi yang sangat kuat dalam berusaha dan bekerja. Sedangkan guru yang memiliki motivasi lemah tentu semangat kerjanya juga rendah. Oleh karena itu,pemahaman mengenai motivasi terhadap tugas yang dipendam oleh seorang guru. Pengertian motivasi dan teori-teori motivasi yang diharapkan mampu menyadarkan dan memotivasi pembaca khususnya calon guru agar mampu semangat dalam menjalani tugasnya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun