Psikologi pendidikan dapat merubah karakter siswa dengan menerapkan berbagai strategi yang mendukung perkembangan pribadi. Melalui pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengalaman, siswa dapat belajar dari situasi nyata, yang membantu mereka menginternalisasi nilai-nilai seperti kerja sama dan tanggung jawab. Selain itu, pendekatan humanistik menciptakan lingkungan belajar yang positif, di mana hubungan antara guru dan siswa dapat memperkuat rasa percaya diri . Â Dengan demikian, integrasi prinsip-prinsip psikologi pendidikan dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk pembentukan karakter siswa yang lebih baik dan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.
Psikologi pendidikan memiliki metode yang pendekatan utama adalah pembelajaran berbasis proyek, yang memungkinkan siswa belajar melalui pengalaman langsung, sehingga mengembangkan keterampilan seperti kepemimpinan dan kerja sama. Dengan memadukan berbagai pendekatan ini, psikologi pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif untuk membentuk karakter siswa yang positif. Dengan pembelajaran sosial dan emosional tadi dapat yang membantu siswa memahami dan mengelola emosi mereka, serta membangun hubungan yang sehat dengan orang lain. Selain itu, pendekatan berbasis pengalaman memungkinkan siswa belajar dari situasi nyata, mengembangkan keterampilan seperti tanggung jawab.Â