Sulit untuk menjelaskan apa itu PR hanya dengan satu atau dua definisi karena ada banyak gagasan berbeda mengenai maknanya. Setiap orang dan kelompok mempunyai definisinya masing-masing tentang PR, yang dapat menunjukkan bagaimana PR digunakan di berbagai tempat atau bagaimana PR berubah seiring berjalannya waktu.
PR ibarat cara sebuah organisasi bertindak dan berupaya membuat orang berpikir bahwa mereka melakukan pekerjaannya dengan baik. Penting bagi orang-orang untuk berpikir bahwa suatu organisasi bertanggung jawab dan dapat dipercaya. PR bukan hanya tugas orang-orang PR saja, tapi juga para pengelola organisasi. Orang-orang PR membantu organisasi mengetahui apa yang mereka yakini, mencapai tujuan mereka, dan bekerja dengan baik dibandingkan dengan organisasi lain.
Praktisi PR dalam organisasi mempunyai pekerjaan yang penting. Mereka membantu memastikan organisasi berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat. Mereka mempunyai dua tugas penting: (1) Mereka adalah bagian dari kelompok yang membuat keputusan penting bagi organisasi dan (2) mereka bertanggung jawab atas departemen PR dan dapat mengambil keputusan tanpa campur tangan departemen lain. Hal ini memudahkan mereka membangun hubungan baik antara organisasi dan publik. Mereka memastikan sikap dan tindakan setiap orang selaras.