1. Menjembatangi masalah komunikasi.
Teknologi memudahkan dalam berkomunikasi dengan mudah dalam hitungan detik melalui email, teks, dan aplikasi perpesanan lainnya. Banyak perusahaan yang menggunakan media komunikasi dan menggunakan forum online yang berbeda untuk bertukar file dan pesan. Aplikasi perpesanan ini juga memudahkan para staf SDM untuk tetap berhubungan dengan anggota tim lainnya. Misalnya, jika seorang Manajer ingin mengubah waktu rapat, maka cukup dengan mengirimkan email.
2. Kemudahan dalam mengelola data karyawan
Perusahaan tentu memiliki kriteria tertentu yang perlu dipenuhi untuk memutuskan apakah karyawan mereka telah mencapai tujuan perusahaan. Berbagai aplikasi dan perangkat lunak juga dapat digunakan untuk memantau kinerja karyawan sehingga membuat poses ini menjadi lebih sederhana dan efisien. Departemen sdm juga dapat dengan mudah mengumpulkan data dan menggunakannya untuk menganalisis kinerja karyawan perusahaan. Penggunaan program perangkat lunak dan aplikasi membuat tugas menganalisis data kinerja karyawan menjadi lebih sederhana dan tidak rumit. Namun, juga tidak boleh diabaikan sebab masih ada masalah tertentu yang membutuhkan penilaian manusia. Kemajuan terbaru hanyalah alat yang akan meningkatkan dan melengkapi fungsionalitas dan efisiensi SDM.
3. Perekrutan karyawan menjadi lebih mudah.
Dalam proses perekrutan dan seleksi karyawan merupakan hal yang melelahkan dan menyita banyak waktu bagi departemen Hrd  dan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya, Artificial intelegence (AI) membuat proses ini menjadi lebih mudah. Dengan adanya AI juga perusahaan memiliki penyaring otomatis yang mendeteksi keterampilan pada resume kandidat. dengan ini membuat keputusan menjadi sangat mudah dalam proses perekrutan karyawan. Sehingga departemen SDM tidak perlu lagi menyeleksi puluhan ribu email dan memilah-milahnya. Departemen Hrd cukup menggunakan penyaring untuk memilahnya dalam hitungan detik.
4. Meningkatkan efisiensi.
Sebagian orang memperdebatkan kerugian dari penggunaan teknologi secara ekstensif, tetapi tidak dapat kita sangkal bahwa teknologi adalah cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi. Alat dan bantuan perangkat lunak terbaru mampu menciptakan keharmonisan dalam perusahaan. Data juga dapat dicatat dengan lebih sistematis dan tersedia apabila sewaktu - waktu  diperlukan. Dan juga waktu Hrd  yang terlalu sibuk dalam mengurus tugas-tugas administrasi sebelumnya sekarang dapat dialihkan ke masalah lain yang membutuhkan perhatian lebih.
Kini perkembangan teknologi telah membawa perubahan positif terhadap perusahaan terutama di bagian departemen sdm. Namun, harus tetap digaris bawahi bahwa kemajuan teknologi masih jauh dari kemampuan pengambilan keputusan manusia. Kita hanya bisa berargumen bahwa artificial intelegence (AI) akan menggantikan peran yang dimiliki oleh manusia, Terlepas dari itu kita tahu bahwa masih ada peran-peran tertentu yang hanya bisa dilakukan oleh manusia. Hal tersebut  juga membuat kita mempertanyakan apakah sebuah perusahaan membutuhkan kemajauan teknologi?, jawabannya adalah ya. Penting untuk mengikuti tren teknologi tertentu. Mengikuti praktik teknologi dapat mengamankan tempat perusahaan di pasar dan membuat karyawan perusahaan lebih sadar akan apa yang terjadi di seluruh dunia.