Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Wawasan Nusantara Melalui Problem Based Learning

4 Juli 2022   15:53 Diperbarui: 4 Juli 2022   16:00 393 0
Dunia pendidikan di Indonesia masih dihadapkan oleh beberapa kendala yang berkaitan dengan mutu pendidikan. Masih banyak pembelajaran di Indonesia yang terfokus dan berpusat pada guru, sedangkan siswa kurang diperhatikan keberadaanya. Akibatnya, siswa kurang aktif selama proses belajar mengajar berlangsung karena siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru. Berdasarkan observasi, proses pembelajaran yang di lakukan selama ini di SMA Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi Khususnya Kelas X IPS 3, cenderung pada pencapaian target materi kurikulum dan lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Guru menyampaikan materi dengan metode ceramah, di mana siswa hanya duduk, mencatat dan mendengarkan apa yang akan di sampaikan, sehingga ketika di minta untuk bertanya oleh guru, banyak yang tidak melakukannya. Siswa kurang termotivasi untuk lebih aktif mengutarakan pendapat, ide gagasan, pertanyaan, dan kesulitan kesulitan maupun hal-hal yang belum di pahami selama pelajaran berlangsung. Suasana pembelajaran mata pelajaran PPKn masih sangat kurang sehingga proses dan hasil belajar juga sangat rendah. Hasil ulangan harian yang dilakukan diawal semester menunjukkan sekitar 70% siswa tidak tuntas belajar dan Nilai rata[1]rata di bawah Nilai KKM (75).

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun