PT Holcim Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di industri bahan bangunan dan juga merupakan bagian dari Lafarge Holcim Group yang beroperasi di lebih dari 90 negara dan salah satunya adalah Indonesia. Perusahaan ini sudah berlokasi di berbagai daerah di Indonesia, yaitu antara lain pabrik yang berada di Lhoknga -- Aceh, Narogong -- Jawa Barat, Tuban -- Jawa Timur, dan Cilacap -- Jawa Tengah ( Holcim Indonesia, 2017 ). Perusahaan ini memiliki visi yaitu "Menjadi perusahaan yang terdepan dengan kinerja terbaik dalam industri bahan bangunan di Indonesia" dan misi yang dimiliki adalah "Memastikan nihil biaya dalam setiap kegiatan operasional dan bisnis, bermitra dengan para pelanggan untuk mewujudkan solusi -- solusi berbeda dan inovatif, mengembangkan sumber daya manusia yang berkinerja tinggi melalui lingkungan kerja yang beragam dan melibatkan setiap individu di dalamnya, serta menciptakan nilai yang sama dan solusi -- solusi yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan ( Holcim Indonesia, 2017 ). Sebagai perusahaan profit, PT Holcim Indonesia Tbk (Cilacap Plant) tidak hanya fokus pada pencapaian profit saja tetapi juga memperhatikan keberadaan komunitas yang hidup berdampingan dengan perusahaan. Karena hubungan komunitas yang baik tidak hanya dapat dicapai dengan bantuan yang mendukung, tetapi juga dengan hubungan yang dijalin antara perusahaan dan komunitasnya. Hal ini juga membuat penulis ingin meneliti bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan komunitas. Mengingat saat ini sangatlah penting bagi sebuah perusahaan untuk memelihara hubungan dengan komunitas dimana semakin berkembangnya zaman, perusahaan -- perusahaan memiliki pengaruh bagi komunitas begitupun komunitas berpengaruh pada suatu perusahaan.
KEMBALI KE ARTIKEL