Belajar adalah proses bertambahnya ilmu pengetahuan, adanya penerapan ilmu pengetahuan , munculnya kemampuan baru pada peserta didik atau perubahan tingkah laku berupa pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), serta nilai dan sikap (afektif). Belajar juga merupakan proses yang membawa perubahan tingkah laku pada diri individu karena adanya usaha dan interaksi antara undividu dengan individu dan individu dengan lingkungannya sehingga mereka lebih mampu berintraksi dengan lingkungannya. Setiap pengajar atau guru tentunya ingin menciptakan suasana kelas yang baik , efektif , juga kondusif , serta para siswa yang aktif dalam pembelajaran . Jika ingin meningkatkat keaktifan siswa dan ingin membuat jalannya pembelajaran lebih seru guru harus memperhatikan betul apakah mereka memberi perhatian ketika guru menyampaikan materi pelajaran atau justru mereka mempunyai kesibukan sendiri yang bukan termasuk kegiatan belajar  . Perlu difahami betapa pentingnya seorang guru untuk menjaga kelas agar tetap kondusif dan menarik bagi siswa , agar siswa mampu menerima dan menyerap materi pelajaran yang disampaikan guru dengan baik dan mudah. Mungkin guru sering merasa bahwa perencanaan pembelajaran dan penyampaiannya sudah maksimal tapi jangan lupa melihat keaadan sebenarnya pada siswa apakah mereka betul betul memperhatikan dan merasa nyaman dengan apa yang di sampaikan guru saat pembelajaran berlangsung , jika masih banyak siswa yang lebih memilih mengobrol , bermain , dan bercanda selama di kelas maka guru harus menyiapkan strategi lain.
KEMBALI KE ARTIKEL