Tekanan sosial di lingkungan sekolah dan masyarakat dapat  berdampak negatif pada kesehatan mental remaja. Teori ini  mencerminkan pendekatan preventif yang menekankan pentingnya strategi mengatasi stres dalam mempertahankan kesejahteraan psikologis. Di sisi ain, keterampilan sosial memainkan peran penting dalam interaksi sosial remaja. Modul ini sesuai dengan teori perkembanganÂ
sosial Vygotsky, yang menekankan pentingnya pembelajaran sosial  dan pengembangan keterampilan melalui interaksi dengan orang lain .Modul yang membahas strategi  mengatasi  tekanan  sosial di lingkungan sekolah dan masyarakat mencerminkan  pendekatan  preventif  terhadap  masalah  kesehatan  mental  remaja. Teori ini menekankan bahwa individu dapat memanfaatkan strategi kopling untuk mengatasi stres dan tekanan hidup. Dengan memahami dan menerapkan strategi mengatasi stres, remaja dapat  membangun ketangguhan mental yang dapat membantu  mereka mempertahankan kesejahteraan psikologis di tengah tekanan sosial yang mungkin mereka alami. Modul yang membahas pengembangan keterampilan sosial juga memiliki dasar teoretis yang kuat, terutama dalam teori perkembangan sosial Vygotsky. Vygotsky menekankan  pentingnya  pembelajaran sosial  dan interaksi dengan orang lain  dalam  pengembangan keterampilan kognitif  dan sosial.  Dalam  konteks  konseling sebaya,  di  mana  siswa  berperan  sebagai  konselor, keterampilan sosial yang baik sangat penting untuk memfasilitasi interaksi yang sehat dan efektif antar-remaja. Integrasi teori kopling Lazarus dan Folk man dengan teori perkembangan sosial Vygotsky dalam  modul  ini menunjukkan  pendekatan  holistik  terhadap  kesejahteraan  remaja.  Dengan  membekali  mereka  dengan  strategi mengatasi  stres  dan  keterampilan  sosial,  modul  ini  tidak  hanya  berfokus  pada  aspek  pencegahan  masalah kesehatan  mental,  tetapi  juga  pada  pengembangan  kemampuan  adaptasi  dan  interaksi  sosial  yang  positif.  Ini menciptakan  landasan  yang  kuat  untuk  membantu  remaja  tidak  hanya  menghadapi  tantangan,  tetapi  juga tumbuh dan berkembang dalam konteks sosial mereka.Masa depan dan Karier masa remaja seringkali diidentifikasi sebagai periode kritis dalam pengembangan karier siswa.
KEMBALI KE ARTIKEL