Mempelajari berbagai aspek psikologis anak sangat membantu keberhasilan proses pengajaran karena dengan memahami berbagai faktor yang merupakan kondisi awal anak, akan menjadi alat bantu yang penting bagi penyelenggara pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Perbedaan individual sering kali terjadi dalam proses pembelajaran di sekolah, meskipun wajar mengingat kondisi setiap siswa yang berbeda, guru tidak boleh membiarkan keadaan ini begitu saja. Guru harus berusaha mengatasi situasi perbedaan individual dalam proses pembelajaran siswa, karena jika tidak ada yang dilakukan tentu akan terjadi perbedaan hasil belajar yang mencolok antar siswa, maka guru juga dianggap gagal dalam mengajar, karena rendahnya rata-rata pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi perbedaan individual dalam pembelajaran di sekolah yang berpedoman pada sistem pendidikan klasikal, terlebih dahulu harus diatasi dengan menyelenggarakan sistem pendidikan individual, yaitu pengajaran yang berusaha menarik atau melayani setiap siswa sesuai dengan kebutuhan serta tingkat kapasitas yang dimiliki siswa (Turhusna & Solatun, 2020).
KEMBALI KE ARTIKEL