Perkenalkan, nama saya Agus ingin membagikan pengalaman tinggal di Australia dan merasakan enaknya lalu lintas dan kendaraan umum. Siapa tahu, gubernur dki nantinya bisa menirunya. Pertama kali saya tiba di Perth,saya diberi tahu teman saya bus stop mana yg mesti saya jabani dgn berjalan beberapa meter dari depan rumah saya tinggal. Saya sempat sebal,kenapa ga ada angkot / ojek yg bisa dipanggil. Sesampainya di bus stop ada keterangan jam berapa bus akan tiba, peta jalanan yg dilalui rute bus , no rute bus yg stop di bus stop itu, dan no bustop.Dalam hati wah lengkapnya. Dan ternyata bus dateng mirip jadwalnya. Begitu busnya tiba, byk hal menarik yg saya lihat diantaranya :
- ber AC,lampu terang,kursi luas
- kursi dan jendela dibuat supaya ga gampang dirusak dan ada tulisan dilarang merusak. Pernah suatu saat ada yg merusak dan penumpang laen melapor maka langsung disuruh turun oleh supirnya.
- ada kamera cctv utk mengawasi didalam bus bila ada tindakan kriminal / merusak bus.Pernah ada buron yg di tempel di kertas dan dipasang didalam bus dicari kriminal dgn foto dari cctv bus.
- lantai gampang dibersihin.
- tiang dan gantungan utk tangan terawat.
- supir cuma 1 ga pake kenek.
- pembayarana memakai kartu prabayar khusus transportasi yg bisa dipakai utk naek bus/kereta/kapal. Harga berdasarkan area dan jarak. Seperti Flazz bca. Sewaktu masuk ke bus kita hanya perlu men tag kartunya di mesin kusus dan sebelum keluar men tag lagi agar dana di kartu dipotong.
- pintu masuk dari depan dan pintu keluar dari belakang secara otomatis terbuka bila dipencet supir.
- bus bisa direndahkan dan ada ramp yg otomatis keluar utk org berkursi roda/manula
- kita harus memencet tombol berhenti di dekat kursi bila ingin berhenti dan ada bunyi kusus sehingga supir mengerti, tidak teriak kiri seperti di angkot. tombol harus dipencet sebelum sampai di bus stop yg kita tuju,bila telat maka dia akan berhenti di bus stop selanjutnya.
- ada brosur keterangan jadwal dan rute bus
- diluar bus ada layar digital yg memberitahu dgn jelas no rute bus dan nama tempat perhentian selanjutnya yg berganti sesuai posisi.
- ada lubang utk pegangan tangan di tiap kursi
- alat pemecah kaca beserta kaca buat keluar darurat.
- supir bus bisa dilaporkan melalui telepon yg tertera bila menyetir kasar.
- bus biasanya hanya jalan dijalurnya dan ada jalur dan rambu kusus.
- supir bus juga taat pada rambu,kecepatan sedang.
- Adapun beberapa peraturan di bus seperti : dilarang merusak barang ,membawa barang yg berbau menyengat, dilarang makan minum di dalam bus,harus memberi kursi kepada yg membutuhkan. Pernah suatu saat ada yg melanggar dan langsung ditegur oleh supir,bahkan ada yg ngeyel, maka langsung disuruh turun dari bus. Setelah itu semua penumpang pada tepuk tangan.Bukan pencopet di bantai didalem busway.
KEMBALI KE ARTIKEL