Sabtu sore pulang dari acara aqiqah di rumah teman kerja di Boyolali, diperjalanan istri ngajak mampir ke Toko Franchise yang cukup terkenal, membeli peralatan bayi untuk kado saudara yang barusan punya baby, tapi karena kebetulan saya punya kartu member Alfamartku, saya putuskan untuk ke Alfamart yang berada di Jl Raya Pengging, Banyudono, Boyolali. Ada beberapa hal yang membuat saya memilih belanja di Alfamart dengan membawa kartu member:
1. Kalo ada discount, dapat harga lebih murah, meski mungkin tidak selalu lebih murah dari toko lain/di pasar.
2. Ada bonus-bonus yang kadang tidak saya sadari, biasanya berbentuk makanan kecil dari satu merk yang sedang promo.
3. Ada Program hadiah, dengan nomor 1 nomor Undian tiap belanja Rp. 50.000,- (untuk member mendapat 2 nomor undian). Tentu ada harapan akan mendapat hadiah di saat undian dilakukan.
4. Ada hadiah berupa mainan, meski ini harus dengan mengumpulkan stamp dalam jumlah tertentu.
Namun malam ini saya agak kecewa...
Ceritanya..., setelah memilih satu paket peralatan bayi seharga Rp 49.000,- ditambah beberapa keperluan sehari-hari. Kemudian oleh istri dibayar ke Kasir, saya nunggu di luar.
Setelah istri keluar, saya tanya " Dapat hadiah apa?", " Gak dapat apa-apa" katanya. Saya agak heran, beberapa hari lalu saya belanja dapat undian langsung (Lucky Draw) berupa Puzzle 3D (ini mungkin sisa promo sebelumnya yang tidak habis), anak saya cukup senang dapat hadiah puzzle tersebut.
Kemudian saya lihat struk belanjanya, disitu tertulis total belanja Rp 94.203,- dikurangi discount (Hemat Special) Rp. 7.903,- jadi yang harus dibayar sebesar Rp 86.300,-.
Dalam struk dengan Nomor Bon 0298-401-0911Y569 itu tertulis "Anda mendapat 3 Stamp Hello Kitty Shopping Village" Stamp memang sudah diterima, Tapi dibawahnya lagi ada tulisan dengan Huruf besar "ANDA BERHAK MENGIKUTI 1 PROGRAM LUCKY DRAW" dan hanya 120 Transaksi 50rb pertama.
Ini yang mengherankan, saya nggak dapat Lucky Draw itu. Ketika Istri saya konfirmasi ke Karyawan/kasirnya, setelah saling tanya antar karyawan, jawabannya mbikin heran "Programnya sudah selesai, sudah ganti program lain".
1. Kalo Memang programnya dah selesai, kenapa tulisannya masih nongol di struk belanja?
2. Kalo memang hadiah sudah habis (sudah lebih dari 150 Transaksi), kenapa juga tulisannya masih nongol, apa belum bisa otomatis, (ataukah 150 transaksi itu hitungan dari seluruh cabang Alfamart se-Indonesia? :D).
3. Kalopun tidak otomatis tertulis pada struk, seharusnya karyawannya bisa memberi keterangan sebelum struk sampai di tangan konsumen, selincah ketika mereka bertanya "Ini saja?", "Ada yang lain?", Nggak Beli pulsa sekalian?", "Ada Uang Pas?" "Ada kartu member?" dll.
Hadiah Lucky Draw mungkin tidak seberapa, Kebanyakan konsumen mungkin juga tidak perhatian pada tulisan di struk, dan tidak mempermasalahkan tidak dapat hadiah setelah belanja. Tapi tidakkah ini menjadi lucu? Untuk Toko sekelas Alfamart sampai terjadi kesalahan pada struk belanja yang diterima konsumen?.
Semoga hal ini tidak berkelanjutan terjadi dan ada perbaikan dalam sistem pelayanan di Alfamart, sehingga para konsumen tidak merasa dikecewakan dan berlaih ke toko yang lain.