Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Kajian Literatur Analisis Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara BPJS Dalam Pelayanan Kesehatan Pada RSUD Cililin

14 Mei 2024   15:14 Diperbarui: 14 Mei 2024   15:56 88 2
Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau puas bahwa produk atau jasa yang diterima telah sesuai atau melebihi harapan pasien. Kepuasan pasien juga merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan yang kita berikan dan kepuasan pasien adalah suatu modal untuk mendapatkan pasien lebih banyak lagi dan untuk mendapat pasien yang loyal .  Pasien yang loyal akan menggunakan kembali pelayanan kesehatan yang sama bila mereka membutuhkan lagi. Bahkan telah diketahui bahwa pasien loyal akan mengajak orang lain untuk menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan yang sama
            Kepuasan pasien dibagi menjadi 2 macam yaitu kepuasan yang berwujud dan kepuasan psikologika . Kepuasan yang berwujud merupakan kepuasan yang dapat dirasakan dan dilihat oleh pasien setelah memperoleh pelayanan, sedangkan kepuasan psikologikal yaitu kepuasan yang bersifat tidak berwujud tetapi dapat dirasakan oleh pasien.  Untuk melihat gambaran kepuasan pasien maka rumah sakit harus memenuhi kebutuhan pasien yang sering diharapkan meliputi keamanan pelayanan, harga pelayanan, ketepatan pelayanan, dan kecepatan pelayanan.
            Perilaku Konsumen, menurut Kotler & Amstrong perilaku konsumen adalah "consumer buyer behavior refers to the buying behavior of final consumers individuals and households that buy goods and services for personal consumption".  Yang berarti perilaku konsumen ditunjukkan dengan perilaku pembelian dari setiap konsumen untuk konsumsi sendiri.
Berikut adalah beberapa aspek dari perilaku konsumen
Keputusan Pembelian: Ini mencakup langkah-langkah yang dilalui konsumen saat membuat keputusan pembelian, yang biasanya meliputi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun