Penggunaan Gamification pada Pembelajaran dan Pelatihan
7 Februari 2019 15:00Diperbarui: 7 Februari 2019 14:59222
Setelah sekianwaktulamanya, gim dan pembelajarantelahdilihatsebagaiduahal yang bertolakbelakang. Akan tetapi, sejakmeningkatnyaangkapeminat dan penggunagamification, garisdiantarakeduahaltersebutmulaimenipis. Fenomenagimini punberlakutakhanyauntukanak-anak yang lebihakrabdengan media tersebut, tapi juga untuk para dewasa yang bahkantidakmaumenyentuhgimsebelumnya. Denganhalini, gamificationdapatdidefinisikanadalahsebuahusahauntukmengaplikasikanmekanikataufitur yang biasaditemukandalamgim. Laluapahubungannyahaltersebutdenganpembelajaran? Secarasingkat, penggunaangamification secaraumumadalahuntukmemacu danmemotivasiseseorang, sertamembuatnyamerasasenangdenganhal yang ialakukanselayaknyasedangmemainkangim.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Akun Terverifikasi
Diberikan kepada Kompasianer aktif dan konsisten dalam membuat konten dan berinteraksi secara positif.