Mohon tunggu...
KOMENTAR
Bahasa

Mengapa Ditulis "Visit Jawa Tengah"?

5 April 2012   00:26 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:01 2318 2
[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Salah satu poster iklan Pariwisata Jawa Tengah 2013 (eljohnnews.com)"][/caption] Mengapa slogan pariwisata yang satu ini ditulis "Visit Jawa Tengah"? Tidak mau kalah dengan provinsi-provinsi lain yang dalam lima tahun ini gencar melakukan promosi pariwisata daerah, Jawa Tengah mengusung "Visit Jawa Tengah 2013" sebagai slogan promosinya. Gubernur Bibit Waluyo dalam beberapa kesempatan menyebutkan bahwa slogan ini dianggap bisa menjadi tanda pengenal Semarang dan daerah-daerah Jawa Tengah lainnya di kancah global, sebagaimana terkenalnya Bali dan Jakarta. Dari situ pulalah muncul ide "Saatnya Semarang Setara" yang dimasukkan program pembangunan oleh wali kota. Namun, jika diperhatikan dari segi bahasa tulis, bukankah slogan Jawa Tengah tersebut agak rancu? Nampak jelas bahwa "visit" merupakan kosakata dari Bahasa Inggris yang berarti "kunjungi", sedangkan "Jawa Tengah" adalah bahasa asli yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Mengapa dua bahasa digabung dalam satu slogan promosi daerah? Coba bandingkan dengan beberapa slogan pariwisata daerah berikut:

  • Visit Bengkulu - Provinsi Bengkulu
  • Visit Bangka Belitung - Provinsi Kep. Bangka Beluting
  • Visit South Sulawesi  2012 - Provinsi Sulawesi Selatan
  • Visit East Java - Provinsi Jawa Timur
  • Visit Indonesia 2008
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun