Dari lubang kelemahan yang disodorkan Adam Smith, Schumpeter memberi alternative, bahwa sumber daya manusia (SDM) merupakan tonggak utama dalam pembangunan. Ia menegaskan bahwa pilar pembangunan ekonomi adalah para enterprenur sebagai resultan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Dengan inovasi yang mumpuni, teknologi dapat berkembang dan dirasakan sangat bermanfaat. Innovator ini dapat tercipta manakala kualitas pendidikannya juga handal.
Teori tersebut ternyata relevan dan dapat dibuktikan dalam konteks aktual saat ini. Lihatlah model pembangunan negara-negara maju. Pilar utama pembangunan ekonomi mereka adalah pembangunan sumber daya manusia yang berkonsekwensi logis pada pembangunan pendidikan yang berkualitas bagi warganya. Alex Inkeles dan David H. Smith pada dasarnya juga berbicara tentang pentingnya faktor manusia sebagai komponen penting penopang pembangunan. Pembangunan bukan sekedar pasokan modal dan teknologi saja. Tetapi dibutuhkan manusia yang dapat mengembangkan sarana material tersebut supaya menjadi produktif. Untuk ini, dibutuhkan manusia modern. (DR Arif Budiman dalam bukunya “Teori Pembangunan Dunia Ketiga”)
Manusia modern memiliki ciri-ciri : keterbukaan terhadap pengalaman dan ide baru, berorientasi ke masa sekarang dan masa yang akan depan, punya kesanggupan merencanakan, percaya bahwa manusia bisa menguasai alam dan bukan sebaliknya. Tanda-tanda ini tentu bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan kondisi lingkungan.
Dikatakan lebih jauh “ Dampak pendidikan tiga kali lebih kuat dibandingkan dengan usaha-usaha lainnya. Kemudian, pengalaman kerja dan pengenalan terhadap media masa merupakan cara kedua yang efektif”
Pendidikan, untuk saat ini merupakan sektor yang bertabur dana. Bagaimana tidak? Dari semua kementrian yang ada sekarang ini, kementrian pendidikan memperoleh anggaran yang paling besar. Dengan demikian ada harapan bahwa pendidikan sebagai pilar utama pembangunan segera terwujud. Apa asumsi ini benar?
Di Indonesia, pembangunan yang berspektif pembangunan fisik dan mengandalkan kekayaan alam harus segera dievaluasi. Merasa “kaya” sebenarnya bisa menurunkan mental dan menghambat motivasi orang untuk berkarya. Karena dengan kelambanan inovasi dan motivasi yang rendah, justru malah menghambat atau sama sekali nihil dalam pengelolaan kekayaan alam. Hanya mereka yang memiliki pengetahuan dan etos kerja yang tinggi yang mampu mengelola sumber daya alam dengan efektif dan efisien.
Untuk masa yang masih panjang, pendidikan mental murid tidak mungkin dibebankan kepada orang tuanya karena tiga hal. Pertama, kedua orang tua mereka telah terlalu sibuk untuk mencari nafkah hidup yang kian tinggi tuntutannya. Kedua, mereka adalah produk pendidikan masa lalu yang bermental santai dan bermoral yang lepas nilai. Ketiga, tidak memahami pentingnya arah pendidikan bagi generasi baru. Perlu juga dilaksanakan kebijaksanaan untuk mengurangi jurusan bidang studi yang tidak relevan dan fungsional supaya tidak terjadi pemborosan dana yang terus menerus. Dana yang dihemat itu dapat digunakan untuk meningkatkan mutu sarana.