Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Pembelajaran Berdiferensiasi

19 September 2024   21:41 Diperbarui: 19 September 2024   21:41 233 0
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan dalam pendidikan yang menyesuaikan metode pengajaran, konten, dan penilaian untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa. Tujuan utamanya adalah memastikan setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan gaya, minat, dan kemampuan mereka. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru sering memodifikasi beberapa aspek pembelajaran:

  1. Konten (What): Materi yang diajarkan bisa berbeda-beda, tergantung pada kemampuan dan minat siswa.
  2. Proses (How): Cara siswa belajar bisa disesuaikan dengan preferensi mereka, seperti bekerja dalam kelompok atau secara individu.
  3. Produk (Result): Hasil akhir atau tugas yang diharapkan dari siswa bisa bervariasi, tergantung pada cara siswa menunjukkan pemahaman mereka.
  4. Lingkungan belajar: Penyesuaian terhadap suasana atau lingkungan belajar, seperti pengaturan tempat duduk atau pengelolaan ruang kelas, dapat membantu siswa merasa nyaman dan lebih mudah fokus.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun