Mohon tunggu...
KOMENTAR
Catatan

Aktivitas Belajar Efektif

29 Juni 2014   23:46 Diperbarui: 18 Juni 2015   08:15 43 0
Bird dan Bird dalam Hanafiah dan Suhana menjelaskan, agar peserta didik dapat belajar dengan efektif, peserta didik diharuskan melakukan aktivitas belajar sebagai berikut:
1. Compare, membandingkan, menerangkan persamaan dan perbedaannya.
2. Contrast, yaitu membedakan, menerangkan perbedaan, kelainan dari benda, sifat, peristiwa, atau masalah.
3. Criticize, yaitu memberikan kritik (pertimbangan, analisa, strenght, weakness, opportunuty, dan threat).
4. Describe, yaitu menguraikan secara panjang lebar, meriwayatkan dalam bentuk cerita.
5. Diagram, yaitu melukiskan, memberikan jawaban grafis dalam hal tertentu dengan menambahkan penjelasan.
6. Discuss, yaitu memperbincangkan, melakukan analisa, memberikan alasan secara lengkap setuju atau tidak.
7. Enumerate, menyebutkan satu persatu, menuliskan dalam daftar atau garis besar dengan menggemukakan pokok-pokok bahasan secara ringkas satu persatu.
8. Explain, yaitu menjelaskan, menerangkan, menafsirkan, dan menunjukkan materi yang dikemukakan, memberikan alasan/sebab bagi perbedaan pendapat atau hasil.
9. Evaluate, yaitu memberikan penilaian, baik SWOT, penilaian para ahli, maupun penilaian sendiri.
10. Illustrate, yaitu memberikan contoh, memberikan suatu gambaran, lukisan, grafik, atau contoh yang nyata untuk menjelaskan sesuatu.
11. Interpret, yaitu menafsirkan, menterjemahkan, memberikan contoh, memberikan kupasan, memberi ulasan suatu pokok bahasan, biasanya dengan memeberikan pertimbangan tetntang hal tersebut.
12. Justify, yaitu membenarkan, membuktikan, atau memberikan alasan bagi keputusan atau kesimpulan, berusaha dengan sungguh-sungguh dengan semua kemampuan untuk meyakinkan.
13. List, yaitu membuat daftar, menyebutkan satu-persatu, menuliskan satu rangkaian pernyataan ringkas yang disebutkan satu-persatu.
14. Outline, yaitu membuat garis besar, menyusun suatu uraian dalam pokok-pokok bahasan utama dan pembagiannya lebih lanjut dengan menghilangkan perincian yang detail dan menekankan susunan dan pengolongan dari hal tersebut.
15. Prove, yaitu membuktikan, mengemukakan pembuktian berdasarkan fakta atau memberikan alasan logis yang jelas.
16. Relate, yaitu menghubungkan, menunjukkan bahwa hal itu berhubungan satu sama lain atau bagaimana yang satu mengakibatkan yang lainnya, atau sama dengan yang lainnya.
17. Review, yaitu meninjau, memeriksa secara kritis suatu pokok bahasan dengan menganalisa dan memberikan ulasan terhadap pernyataan penting yang dibuat mengenai bahasan tersebut.
18. State, yaitu menyatakan, mengemukakan pokok-pokok bahasan utama dalam rangkaian yang jelas dan singkat, biasanya dengan menghilangkan perincian-perincian, gambar, dan contoh-contoh.
19. Summarize, yaitu memberi ringkasan, memberikan pokok-pokok bahasan utama atau fakta-fakta dalam bentuk yang diringkaskan, seperti dalam ringkasan dari satu bab, dengan menghilangkan perincian dan gambar.
20. Trace, yaitu menguraikan perkembangan, menguraikan dalam bentuk cerita mengenai kemajuan, perkembangan, dan peristiwa historis dari mulai titik pangkal.

Sumber: Hanafiah, Nanang, dkk. Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: Refika Aditama, 2010), 57-59.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun