Untuk meningkatkan produktivitas suatu perusahaan dan juga karyawan, maka sangat dibutuhkan yang namanya penilaian kerja. Apa sih  yang disebut penilaian kinerja?  Penilaian kinerja adalah kegiatan menilai dan mendorong pertumbuhan, kemampuan, ketrampilan yang terlihat dari karyawan. Penilaian kinerja ini sangat perlu dilakukan oleh setiap perusahaan agar dapat mengembangkan dan meningkatkan produktivitas dari karyawan di perusahaan tersebut. Tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, namun juga dapat mengembangkan kinerja karyawan. oleh karena itu, penilaian kinerja sangatlah dibutuhkan oleh karyawan. penilaian kinerja itu sendiri seperti sebuah evaluasi terhadap karyawan, agar mengetahui perkembangan karyawan, ketrampilan karyawan, produktivitas karyawan, dan bagaimana karyawan itu bekerja. Adapun beberapa kriteria yang terdapat dalam penilaian kinerja:
- Karyawan tersebut dapat diandalkan
- Sistem yang dipakai harus dapat diandalkan dan dipercaya, dengan memiliki tolak ukur yang akurat dan jelas.
- Relevan
- Sistem yang dipakai harus relevan, artinya bersangkut paut atau berkaitan satu sama lain.
- Praktis
- Prosesnya tidak rumit, mudah dipahami, menggunakan bahasa yang jelas dan umum.
- Dapat diterima
- Sikap perilaku kerja yang dapat diterima oleh karyawan dan perusahaan, tidak menyeleweng dari aturan.
KEMBALI KE ARTIKEL