Beberapa alasan yang dikemukakan petinggi Pertamina sukses membuat kita tertawa.
Misalnya:
"...besarnya fan base atau barisan pendukung AC Milan di Indonesia menjadi alasan utama Pertamina. Dengan menggandeng AC Milan, Pertamina juga berharap kecintaan masyarakat penggila bola di Tanah Air pada produk Pertamina dapat meningkat". VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir (merdeka.com)
Pertanyaanya, apakah media atau klub sepakbola lokal kekurangan "space" untuk menampung logo / iklan / sponsorship dari Pertamina?
Memang, popularitas klub lokal tidak ada apa-apanya dibanding raksasa Italia itu, tapi ...
Untuk apa mensponsori klub asing jika target yang di bidik justru pasar lokal? Pertamina sudah cukup membanggakan dengan menjadi pemimpin pasar dalam negeri.
Garuda Indonesia mensponsori Liverpool FC, namun taret mereka adalah pasar luar negeri. Dan kita bisa melihat beberapa blogger asing begitu terkesan dan puas dengan Garuda Indonesia setelah melihat iklan di Lapangan Anfield dan mencoba terbang dengan maskapai itu kemudian menuliskannya di blog mereka.
Mindset