Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan Pilihan

Praktik IDEAL Merdeka Belajar

25 Mei 2023   01:15 Diperbarui: 25 Mei 2023   01:17 353 4
Program Inclusive Development and Education for All (IDEAL) adalah sebuah program yang bertujuan untuk menciptakan sistem pendidikan yang inklusif untuk semua anak di Indonesia. Pada tahun 2015, program IDEAL diluncurkan di 3 kota (Cimahi, Tasikmalaya, dan Bandung) dan 4 Kabupaten (Bandung Barat, Bandung, Tasikmalaya, dan Garut) Provinsi Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di daerah tersebut.

Program IDEAL yang diinisiasi oleh Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) mitra Save the Children di Jawa Barat ini menempatkan partisipasi anak sebagai salah satu elemen penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang inklusif. Anak-anak di daerah tersebut diharapkan terlibat aktif dalam merancang, mengembangkan, dan memperbaiki program pendidikan yang ada, sehingga kebutuhan mereka diakomodasi dengan baik.

Program IDEAL ini menjadi bagian dari agenda Save the Children yang berfokus pada perubahan kehidupan anak disabilitas di Indonesia. Dalam program ini, anak-anak diberikan kesempatan untuk mengambil alih tanggung jawab belajar mereka sendiri, dan diberi kebebasan dalam menentukan jalur pendidikan mereka sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Melalui program IDEAL, anak-anak di Jawa Barat dapat mengakses pendidikan berkualitas tanpa terkendala berbagai macam faktor seperti latar belakang ekonomi, agama, atau faktor lainnya. Program ini menjamin anak-anak yang berkebutuhan khusus dapat memperoleh akses yang sama terhadap pendidikan berkualitas.

Partisipasi orang tua menjadi satu elemen penting dalam program IDEAL di Jawa Barat. Keterlibatan aktif orang tua dalam mendukung dan memfasilitasi pendidikan anak-anak mereka, maka keberhasilan program IDEAL dapat terlaksana dengan baik.

Penyediaan fasilitas pendidikan yang memadai juga merupakan upaya penting dalam mendukung program IDEAL di Jawa Barat. Hal ini dipastikan anak dapat belajar dengan nyaman dan optimal serta menghasilkan capaian pembelajaran yang maksimal sesuai dengan harapan bersama.

Kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan menjadi bagian penting dalam program IDEAL di Jawa Barat. Melalui kerja sama ini, dapat tercipta lingkungan yang kondusif bagi perkembangan pendidikan inklusif dan merata bagi semua anak di Jawa Barat.

Program IDEAL di Jawa Barat selaras dengan visi dan misi pendidikan nasional yang mempromosikan inklusi dan keseimbangan dalam pendidikan. Program ini menunjukkan bahwa pendidikan yang inklusif dapat dilaksanakan dengan baik melalui partisipasi aktif dari seluruh pihak yang terkait dan memastikan hak-hak anak dipenuhi.

Dalam implementasinya, program IDEAL di Jawa Barat telah menunjukkan hasil yang positif. Anak-anak di daerah ini mengalami peningkatan kualitas pendidikan yang signifikan, dan melalui program IDEAL, anak-anak juga dilatih untuk mencari solusi atas setiap tantangan yang mereka hadapi dalam memenuhi hak-hak mereka di dunia pendidikan.

Partisipasi Anak

Pendidikan inklusif dan partisipasi anak di dalamnya adalah dua hal yang saling berkaitan. Dari pada hanya memerintahkan anak-anak untuk mengikuti program merdeka belajar yang sudah terencana dengan baik, praktik baik IDEAL dapat merangkul anak-anak terlibat aktif dalam menentukan jalan mereka menuju pemenuhan hak-hak mereka di dunia pendidikan. Oleh karena itu, program merdeka belajar dengan partisipasi anak menjadi sangat penting dalam menjamin suara anak didengar dan dijadikan fondasi dalam membangun sebuah sistem pendidikan yang inklusif dan bermartabat.

Dalam praktiknya, program merdeka belajar dengan partisipasi anak berarti memfasilitasi anak untuk membantu merancang praktik baik IDEAL. Praktik baik IDEAL tidak hanya untuk memetakan kebutuhan anak-anak dalam memenuhi hak-hak mereka ke dalam sistem pendidikan, namun juga membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan anak-anak lainnya dalam menggapai tujuan pembelajaran.

Anak-anak memiliki selera dan minat yang beragam. Untuk itu, hanya dengan mengakomodasi kebutuhan mereka yang beragam melalui aktivitas-aktivitas non-formal, praktik baik IDEAL dapat menjamin anak-anak merasa nyaman dan semangat dalam belajar. Anak-anak diberikan kendali atas pengalaman belajar mereka, dan diarahkan untuk mencari solusi atas setiap kesulitan yang mereka hadapi dalam memenuhi hak-hak mereka di dunia pendidikan.

Bentuk partisipasi anak dalam praktik baik IDEAL juga dapat melibatkan mereka dalam program-program vertikal. Anak-anak selalu punya pandangan dan ide yang kreatif dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam meningkatkan mutu sistem pendidikan. Dalam praktik baik IDEAL, anak-anak diberi kesempatan untuk berbicara dalam forum-forum dan mengemukakan pendapat mereka tentang apa yang sebaiknya dilakukan untuk menjadikan dunia pendidikan lebih inklusif.

Program merdeka belajar dengan partisipasi anak juga dapat mengajarkan pada anak tentang pentingnya tanggung jawab. Anak-anak diberikan tanggung jawab untuk memanfaatkan kesempatan yang diberikan pada mereka dan menunjukkan komitmen dalam menghadapi setiap tantangan yang ada, serta memastikan hak-hak mereka tidak dilanggar dalam dunia pendidikan.

Program merdeka belajar dengan partisipasi anak sangat membantu dalam membentuk kepribadian dan sikap anak-anak dalam menyelesaikan masalah di masa depan. Anak-anak diajarkan untuk dapat berpikir positif, inovatif, dan dinamis, sehingga mereka dapat dengan selalu semangat menghadapi tantangan masa depan.

Dalam praktik baik IDEAL, anak-anak diajarkan untuk memperbaiki keterampilan sosial dan kemandirian mereka. Keterampilan-keterampilan ini sangat penting bagi anak-anak untuk mengembangkan kemampuan diri mereka dan menggali kesempatan yang ada demi memenuhi segala hak-hak mereka.

Partisipasi anak dalam praktik IDEAL dapat membantu memberikan kontribusi positif yang bermanfaat bagi program pendidikan terkait. Anak-anak dapat membantu mengidentifikasi tantangan apa saja yang perlu diatasi dalam menjalankan program, sehingga program yang digunakan dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan harapan anak-anak.

Anak-anak juga dapat membantu memberikan saran dan masukan dalam pengembangan kurikulum pendidikan dan kegiatan-kegiatan di sekolah. Seperti misalnya dengan memberi masukan dalam penentuan metode untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung dan pelajaran-pelajaran lainnya.

Partisipasi anak dalam praktik baik IDEAL dapat membantu anak memperoleh rasa percaya diri dalam mendefinisikan dan menyampaikan kepentingannya sendiri. Inilah faktor-faktor yang sangat penting dalam membangun kepercayaan diri pada anak, sehingga nantinya mampu bersaing di dunia pekerjaan.

Program merdeka belajar dengan partisipasi anak dalam praktik baik IDEAL juga dapat mengurangi rasa ketakutan dan kecemasan anak ketika memasuki dunia pendidikan yang baru. Anak-anak tidak hanya terlibat dalam menentukan jalan pendidikan mereka, namun juga memiliki peranan aktif dalam membangun lingkaran sosial yang positif dengan anak-anak lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, praktik baik IDEAL dalam program merdeka belajar dengan partisipasi anak sangat membantu membangun kepribadian dan kemandirian anak, serta memperkuat keyakinan mereka menghadapi tantangan di dunia pendidikan.

Dalam praktiknya kelak, praktik baik IDEAL akan berhasil menunjukkan bahwa merdeka belajar dengan partisipasi anak dapat mengubah pendidikan menjadi sistem yang lebih inklusif tanpa melupakan alokasi hak-hak anak.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun