Guru merupakan salah satu pemimpin pembelajaran. Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, guru berperan dalam membimbing, mempengaruhi, maupun mengkoordinasikan warga sekolah berkolaborasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jika menggunakan sudut pandang sains, sekolah dapat diibaratkan sebagai suatu ekosistem yang terdiri dari komponen biotik (hidup) dan komponen abiotik (tak hidup). Faktor biotik yang ada dalam ekosistem sekolah, yaitu: murid, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, orang tua/wali murid, masyarakat, pemerintah daerah, dan instansi-instansi terkait. Selain itu faktor abiotik juga berperan aktif dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran di antaranya: keuangan, sarana dan prasarana, dan lingkungan. Sekolah sebagai sebuah ekosistem maka seluruh sumber daya yang ada saling berhubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis.Â
KEMBALI KE ARTIKEL