Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud Pilihan

Menjaga Kualitas Layanan Jasa menurut Copilot dan Diskusi Terpumpun

11 Desember 2024   09:40 Diperbarui: 11 Desember 2024   09:50 33 0
Berikut ini adalah hasil sebuah forum di suatu lembaga yang membicarakan berbagai hal, terutama terkait dengan menurunnya jumlah pengguna jasa dan dikaitkan dengan kulitas layanan. Sebelum mendeskripsikan hasil berbagai gagasan para peserta tersebut, disini penulis bertanya kepada "Copilot", sebuah aplikasi kecerdasan buatan generatif, tentang bagaimana cara menjaga kualitas layanan jasa? Maka Ia menjawab dan mengarahkan kepada 6 poin yaitu: pelatihan karyawan, umpan balik pelanggan, adanya Prosedur Operasional Baku, penggunaan teknologi, pemantauan dan evalusia, serta responsif terhadap layanan. Well, ini adalah jawaban yang bagus. Lembaga layanan jasa memang perlu terus menerus menjaga kualitas layanan, terutama pada aspek sumber daya insani. Pelanggan perlu selalu diminta umpan balik, agar diketahui pada area mana yang perlu diperbaiki. Layanan yang diberikan perlu diperjelas, konsisten, dan menggunakan teknologi untuk memudahkan pada berbagai aspek yang ada sesuai kebutuhan, memastikan Consumer Relation Management berjalan lancar, dengan menggunakan berbagai saluran untuk menangkap keluhan dari pada konsumen.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun