Pembentukan kemampuan siswa di sekolah dipengaruhi oleh proses belajar yang ditempuhnya. Proses belajar akan terbentuk berdasarkan pandangan dan pemahaman guru tentang karakteristik peserta didik dan juga hakikat pembelajaran. Proses belajar yang terjadi tergantung pada pandangan guru terhadap makna belajar yang akan mempengaruhi aktivitas peserta didik. Seorang guru sebelum melakukan proses belajar mengajar, sebaiknya terlebih dahulu membuat rencana pembelajaran yang harus sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penting bagi guru mengetahui tahap perkembangan anak didiknya dan jangan sampai salah menerapkan metode pembelajaran yang membuat anak gagal dalam proses belajar. Dalam proses pembelajaran guru harus menjadikan karakteristik siswa sebagai salah satu tolak ukur bagi perencanaan dan pengelolaan proses belajar mengajar di kelas. Proses belajar mengajar di sekolah dasar memiliki corak yang berbeda dengan proses belajar mengajar di sekolah menengah. Karakteristik yang ada pada siswa itu sesuai dengan tahap-tahap perkembangan siswa. Masalah pembelajaran merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh pendidik, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Usia peserta didik di jenjang ini adalah masa-masa kritis dalam perkembangan kognitif, emosional, sosial, dan fisik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memahami karakteristik peserta didik agar dapat mengatasi masalah pembelajaran secara efektif.
KEMBALI KE ARTIKEL