Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Perbaikan Pendidikan Menuju Indonesia Emas 2045

25 Maret 2023   22:48 Diperbarui: 26 Maret 2023   11:04 346 3


             Visi Indonesia Tahun 2045 terdiri atas empat pilar, yaitu pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, dan pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan. Visi ini didasarkan pada perjalanan Indonesia menuju usia emasnya pada tahun 2045. 

Pertumbuhan usia bangsa ini diiringi dengan meningkatnya persaingan global. Dan Berbagai tantangan dan ancaman akan dihadapi oleh Indonesia dan seluruh masyarakat di dalamnya. Perubahan tersebut dapat dihadapi dengan persiapan, khususnya di bidang pendidikan.

          Pembangunan di bidang pendidikan sama halnya dengan upaya mencerdaskan dan meningkatkan kualitas pelajar di Indonesia. Hal ini membutuhkan banyak perbaikan dari berbagai aspek dan berbagai pihak. Serta Dibutuhkan pula pemanfaatan anggaran yang sesuai dengan sasaran, guna dan waktu untuk memberikan kemajuan yang signifikan. 

Kerjasama antara institusi pendidikan, industri dan pemerintah untuk saling menguatkan dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan industri.  Sistem pendidikan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri dapat meningkatnya kesejahteraan nasional. Tidak hanya itu, ini juga akan membantu pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia apabila angka pengangguran dan kemiskinan juga ikut menurun.

Proses peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia membutuhkan perencanaan sosial yang matang agar kebijakan yang dicetuskan berjalan dengan efektif dan efisien. Perencanaan ini membutuhkan analisa permasalahan yang sesuai dengan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini dan mencari jalan keluar dari kondisi tersebut. Permasalahan pendidikan di Indonesia sering kali adalah tidak memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri di era modern. Hal ini yang  membuat kualitas SDM memiliki daya saing yang rendah saat memasuki dunia kerja. 

      Pelajar di Indonesia kurang terlatih apabila hanya mengandalkan pendidikan formal untuk terjun ke industri modern yang membutuhkan inovasi yang tinggi. Sedangkan di sisi lain, dari sisi karakter, SDM Indonesia masih menormalisasi tindak korupsi dan kriminal sejak usia remaja. Banyak dari remaja saat ini terjerumus dalam pergaulan bebas yang membiasakan mereka minum minuman beralkohol, menggunakan obat-obatan terlarang, bahkan melakukan tindak kekerasan (Dewanti, 2022).

Dengan kondisi di atas, dibutuhkan perencanaan matang yang dapat mengatasi masalah-masalah tersebut secara efektif. Pembentukan sumber daya manusia dapat dioptimalisasi dengan adanya kebijakan yang sesuai kebutuhan. Karena pada dasarnya sumber daya manusia merupakan aspek yang berperan penting dalam peningkatan kualitas pendidikan menuju Indonesia Emas 2045.

       Target yang dicanangkan oleh pemerintah untuk menyabut generasi 2045 adalah kesempatan akses pendidikan tinggi yang lebih meluas. Menurut Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, akses masyarakat terhadap perguruan tinggi masih terbilang rendah apabila dibandingkan dengan negara tetangga. Berdasarkan Badan Pusat Statistik, Indonesia mengalami ketertinggalan 50% dibandingkan Malaysia dan 70% dibandingkan Singapura (Putri, 2021). 

Banyak pula siswa yang putus sekolah yang mengindikasikan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih kurang. Dengan adanya target Indonesia Emas 2045, perencanaan sosial mengenai aksesibilitas pendidikan perlu dipertimbangkan secara mata.


KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun