1.pada kelas 1
Pada kelas 1 kajian meliputi pulsa dan metrum (meter).Pulsa
berhubungan dengan ketukan yang teratur,berullang-ulang sebagai dasar music
(irama).Dengan demikian untuk satu caturwulan pendidikan music untuk anak kelas
1 hanya menekankan pada kebiasan mengungkapkan diri sendiri melalui bernyanyi
(suara)dengan gerak (irama:pulsa dan tempo) sederhana.
2.pada kelas II
Menekankan pada unsure
irama(ritme) sebagai dasar dari musik.Pengembangn ritme dicaturwulan 1 dapat
dilakukan dengan gerak berpasangan dan pola irama.Gerak berpasangan digunakan
untuk meragakan bunyi pola irama (khusus pola irama rata)sebagai symbol panjang
pendek bunyi.Pada caturwulan 2 kajian tetap dilanjutkan dengan gerak berpasangn
berdasar pola irama bervariasi .Gerak dikembangkn sambil memainkan alat music
ritmis.Pada caturwulan 3 irama divariasikan dengan melodi dengan tetap
mengembangkan gerak berpasangan
.Menyanyikan not do-re-mi,do-re-mi-fa -sol-la gerak berpasangan dengan posisi
berdiri sesuai iringan,manfaatkan pola lantai dengan iringan.
3.Pada kelas III
Pada pembelajaran dikelas 3 menekankan pengmbangan irama
terutama gerak,rasa,iama,akan tetapi mulai divariasi dengan melodi.Pada
caturwulan anak diacak membaca durasi ,pemahaman pembagian panjang pendek
not,dan menyanyikan lagu menggabungkan seni gerak ,ungakapan diri (ekspresi
terhadap isi lagu), dan irama (gerak disesuaikan irama lagu).
Pada caturwulan 2 melalui lagu model diharapkan anak mengenal
urutan notasi tinggi nada yang dimulai dengan mengenal nada menurut jarak
sambil bernyanyi.Urutan ini mulai menggunakan notasi music,misalnya dengan
garis paranada satu garis(Padmono,1995).
Pada caturwulan 3 pengembangan irama tetap diprioritaskan
pada seni gerak bentuk kelompok dengan meragakan pola irama dua dan tiga alat
musik ritmis yang berbeda,meragakan pola sinkop (tekanan yang
dipindahkan).Kreasi membuat music ansambel sambil bernyanyi ,penggabungan seni
gerak secara kelompok, serta seni gerak kelompok yang sudah terpola sesuai
iringan .
4. Pada kelas IV
Anak mulai merasakan gerak irama yang bagus ,pada caturwulan
ini anak berlatih nyanyi lagu berirama 6 melalui gerak ritmis anggota tubuh
(desaku)gerak kelompok dengan berbagai
peralatan untuk menunjang irama.Pada caturwulan 2 Â penekanan pada melodi,khususnya tentang nada
sisipan dengan tanda kruis (#),mol (b),dan pugar.Caturwulan 3 anak mulai
dikenalkan interval,ciri interval dalam 1 oktaf melalui pengamalan.Anak - anak
harus didorong mndengar dan menyanyikannya .latihan interval dapat dikelompokkkan
:
1.latihan primer,sekond,terts dan kwint.
2.latihan kwart dan skets
3. latihan septim dan oktaf
5.Pada kelas V
Pada caturwulan 1 anak dilatih untuk menyanyikan lagu dengan
nada sisipan,berarti menggunakan lagu dengan nada dasar selain natural, yaitu
G=do, F=do bersaman dengan memainkan alat music melodis.Pembelajaran ini
memberikan pengalaman anak tentang susunan  interval tangga nada mayor 1-1-1/2-1-1-1-1/2
,sehingga jika menggunakan nada dasa lain mungkin ada nada yang harus dinaikkan
atauditurunkan ½ (nada sisipan).Anak menyuarakan nada dengan berbagai perubahan
misalnya: dinamika,artikulasi,dan warna nada.
6.Pada kelas VI
Caturwulan 1 anak dikenalkan dan dilatih menyanyikan lagu
dengan bergai tekstur, misalnya : kanon yang dirangkai dengan gerak yang sesuai
lagu kanon.
Caturwulan 2 ditekankan pada paduan bunyi ,misalnya: nada
alas dirangkai dengan terts atau kwint
secara bersama sebagai dasar akor dan panduan gerak .latihan interval
ditekankan pada tert,kwint,kwart,dan sket.gerakdiupayakan pada kreatifitas
anak.
Caturwulan 3 anak dilatih untuk
merencanakan,mempersiapkan,dan melaksanakan pagelaran.lagu - lagu yang
digunakan dalam pembelajaran dapat menggunakan lagu nasional/wajib ,daerah
setempat,sedang bahan untuk pembelajaran dipilih lagu anak yang sesuai.