Pembelajaran musik di sekolah dasar dapat dirumuskan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan yang dimiliki murid melalui pengalaman dan penghayatan musik. Peningkatan rasa suka, penghargaan, dan tumbuhnya rasa musiklebih dipentingkan dibanding penekanan pada unsur-unsur musik sebagai materi pengajaran. Musik merupakan bagian dalam hidup manusia, karena musik dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas estetik (keindahan). Namun tidak sedikit guru kelas yang enggan dan malas untuk mengajar musik, alasannya karena tidak terlalu penting. Mereka lebih suka mengajarkan materi eksak seperti matematik/IPA. Padahal pembelajaran musik di SD sangatlah penting karena dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan yang dimiliki anak, membantu anak untuk dapat memiliki kemampuan perasaan dan pikirannya melalui pengalaman dan penghayatan musik.Guru hendaknya membantu anak memiliki kemampuan menilai musik melalui selera intelektual dan selera artistiknya, mengembangkan kepekaan anak terhadap lingkungannya, serta memberi kesempatan pada anak untuk dapat meningkatkan sendiri pengetahuan dan ketrampilannya dalam bidang musik dapat tercapai.