Mohon tunggu...
KOMENTAR
Humaniora

Habibie, Sosok Rendah Hati yang Tak Gila Harta dan Tahta...

5 Februari 2014   22:28 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:07 1829 0
Siapa yang tak kenal sosok yang satu ini? Ya, Habibie Yang dimaksud itu adalah BJ Habibie Presiden indonesia setelah Suharto mengundurkan diri. Saya tidak sependapat jika beliau dikatakan adalah presiden RI yang ke 3, karena yang ke 1 adalah Sukarno sedangkan yang kedua,ketiga,keempat sampai..( ke enam?) masih Suharto :) .

Apalagi jika Habibie disebutkan adalah mantan presiden RI, sema sekali saya tidak setuju.. saya pikir tidak ada mantan presiden, semua adalah presiden diera masing-masing. Bagaimana menurut Anda?

Baiklah, Lupakan sejenak tentang itu. Kali ini saya ingin kembali membicarakan tentang sosok Habibie. Presiden Indonesia Era Transisi dimasa Reformasi.

Sempat kembali Hangat dibicarakan ketika kisahnya diangkat kedalam Novel dan Film Ainun&Habibie, Malam ini sosok Habibi kembali muncul disalah satu stadiun televisi nasional kita. Tepatnya di acara Program mata Najwa.

Sebetulnya, saya hanya menonton sekilas (sekitar 5 menit) emnjelang akhir Acara. Namun, ketika melihat sosok Habibie, saya langsung kepada sosok yang sederhana,apa adanya, seorang yang cerdas penuh inovasi yang tak gila akan harta,tahta dan wanita.

Sekilas tentang BJ Habibie.

Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ Habibie (73 tahun) merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25 Juni 1936.

Dimasa kecil, Habibie telah menunjukkan kecerdasan dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya Fisika. Selama enam bulan, ia kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dilanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955. Dengan dibiayai oleh ibunya,  R.A. Tuti Marini Puspowardoyo, Habibie muda menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman. (sumber merdeka.com)

Syahdan, berbicara orang pandai dinegeri ini mungkin tidak mengherankan lagi untuk saat ini, walaupun kejeniusan habibie belum ada yang bisa tersaingi. Mungkin Habibie orang yang jenius dalam bidangnya, sekarang juga banyak orang indonesia yang jenius dan menjadi Ahli diluar negeri maupun didalam negeri.

Namun, Yang dikagumi oleh orang akan sifat Habibie bukanlah pada sisi kejeniusan semata tapi akan kepribadiannya.

berikut Sosok Habibie yang layak menjadi inspirasi dan contoh buat anak negeri terutama para pemimpin Bangsa;

1. Habibie sosok yang jenius, itu sudah pasti namum perjuangan dan keberanian beliau adalah inspirasi bagi kita.

2. Sosok sederhana dan apadanya, Walaupun Habibie seorang yang berprestasi dan hebat dalam bidangnya, tak memnjadikan dia sosok yang egois dan lupa diri. bahkan ketika meminang Ainunpun untuk menjadi istri tetap dengan kesederhanaannya. Itulah yang jarang dimiliki oleh pejabat-pejabat maupun anak negeri dinegeri yang kita cintai ini. Terkadang mengandalkan materi untuk mendapatkan calon isteri. atau sudah ada banyak materi pingin banyak-banyak istri tanpa memikirkan syarat-syarat lainnya.

3.Sosok suami dan teman yang Setia. Saya sebagai penulis, tentu tidak tau pasti bagaimana kehidupan Habibie yang sesungguhnya. Namun, dari Film Ainun Habibie, yang merupakan kisah nyata beliau. Beliau menggambarkan sosok suami dan teman setia bagi Ainun istrinya, Bahkan sampai akhir hayatnya Ainun, selalu menemani dan menyemangati. Ini sungguh hanya dimiliki oleh pria sejati.

4. Idealis dan tidak gila Kekuasaan.

Mungkin Film tdk mencerminkan kehidupan yang sesungguhnya walaupun itu kisahnyata, namun dari kehidupan nyata habibie dapat kita menilainya. Habibie Itu Memang sosok yang idealis dan tak gila kekuasaan. Kekuasaan dan harta apa yang mau dia gilai, sedangkan di jerman dia menjadi Warga kehormatan dengan fasilitas yang lebih dari cukup.

5. Sosok Inovatif, Disegani Dunia dan sosok yang Bertakwa.

point 5 ini saya rangkum dalam satu paket biar sekalian kita bahas, Beliau sosok yang inovatif yaitu bisa membawa sesuatu yang luar biasa untuk membangun negeri. Sosoknya disegani dunia, beliau menjadi warga kehormatan dibeberapa negara. Kalau jerman sudah jelas begitu Harum namanya disana, namun dibeberapa negara terutama timur tengah juga sangat menghormati sosok beliau.

Sosok yang bertakwa? tentu beliau adalah salah seorang Cendikiawan Muslim Indonesia. Memang beliau tidak mendakwah seperti para dai melalui mimbar kemimbar. Namun, dari tata cara kehidupannya sudah mencerminkan bahwa beliau adalah sosok manusia yang bertakwa kepada Allah Ta'ala.

Bagaimana tanggapan Anda? Apa kira-kira sisi luar biasa dari Seorang BJ Habibie Menurut anda?

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun