A. Kompetensi Inti dan Dasar
1. Kompetensi Inti:
  - K1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  - K2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangka waktu pergaulan.
  - K3: Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tidak termati.
  - K4: Mencoba, mengolah, dan menilai dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membentuk) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dengan sudut pandang/teori.
2. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
  - Kompetensi Dasar: Peserta didik dapat menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.
  - Indikator Pencapaian Kompetensi: Peserta didik dapat menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.
B. Langkah-Langkah Evaluasi
1. Pertemuan Pertama:
  - Motivasi: Guru menyampaikan bahwa peserta didik dapat menguasai materi dan mengambil manfaatnya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  - Ice Breaking: Guru memberikan tebak gambar untuk memancing berpikir kritis.
  - Kegiatan Inti:
   - Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib.
   - Guru memberikan pertanyaan pemantik berkaitan dengan isi dalam teks eksplanasi yang berkaitan dengan fenomena-fenomena alam maupun sosial yang terjadi belakangan ini.
   - Peserta didik diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan secara bergantian.
   - Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik.
2.Pertemuan Kedua:
  - Powerpoint: Guru menampilkan powerpoint untuk mengaitkan fenomena sosial yang terjadi dengan materi yang akan dipelajari hari ini.
  - Stimulus: Guru juga menampilkan stimulus mencakup video, gambar mengenai kondisi kemiskinan, kasus kriminal yang terjadi di lingkungan sekitar serta contoh teks eksplanasinya.
  - Mengulas Kembali Materi: Guru mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya tentang isi, struktur, kaidah kebahasaan teks eksplanasi dan menyampaikan materi pertemuan hari ini tentang langkah menulis teks eksplanasi.
3. Penilaian:
  - Tes Tulis: Penilaian dilakukan dengan tes pilihan ganda setelah pembelajaran usai.
  - Evaluasi Tiga Ranah:
   - Ranah Sikap: Penilaian sikap yang dilaksanakan guru melalui interaksi dan sosialisasi peserta didik di dalam maupun di luar kelas, termasuk sikap religius, disiplin terhadap tugas yang diberikan, sikap jujur, sikap sopan dan santun, menghargai orang lain, kerja sama.
   - Ranah Pengetahuan: Penilaian pengetahuan yang dilaksanakan guru melalui tes dan tugas-tugas yang diberikan.
   - Ranah Keterampilan: Penilaian keterampilan yang dilaksanakan guru melalui tugas-tugas yang diberikan dan observasi langsung.
4. Penilaian Proyek:
  - Presentasi: Peserta didik dari kelompok lain menganalisis hasil presentasi teman dengan memberikan masukan atau kritik membangun.
  - Penguatan atau Feedback: Peserta didik mendapat penguatan atau feedback terhadap hasil diskusi yang telah dilakukan.
  - LKPD: Peserta didik mengumpulkan LKPD.
  - Video Eksplanasi: Peserta didik mengunggah video eksplanasi di channel YouTube dan mengirimkan linknya kepada guru.
5. Penutup:
  - Refleksi: Peserta didik bersama guru merefleksi hasil pembelajaran mengenai teks eksplanasi mengenai fenomena alam.
  - Informasi Perbaikan: Peserta didik menerima informasi mengenai perbaikan dan/atau pengayaan yang akan dilakukan.
  - Informasi Selanjutnya: Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
  - Doa Bersama: Peserta didik bersama guru menutup kegiatan pembelajaran dengan doa bersama dan salam (religius-PPK).
C. Contoh Soal dan Kunci Jawaban
1. Teks Eksplanasi:
  - Soal: Teks eksplanasi adalah...
   - A. Teks yang berisi tentang penjelasan.
   - B. Teks yang berisi tentang cara mengerjakan sesuatu.
   - C. Teks yang berisi tentang pendapat.
   - D. Teks yang menceritakan suatu kejadian.
  - Kunci Jawaban: A. Teks yang berisi tentang penjelasan.
D. Implementasi Model Project-Based Learning (PjBL)
1. Pembelajaran Mandiri: Siswa diberikan pertanyaan untuk memancing berpikir kritis.
2. Diskusi Kelompok: Siswa dibagi secara berkelompok untuk mendiskusikan topik berdasarkan fenomena yang sesuai dengan lingkungan siswa.
3. Penulisan Mandiri: Siswa menulis teks eksplanasi secara mandiri.
4. Presentasi dan Komentar: Siswa menyajikan tulisannya di depan kelas dan dikomentari serta dinilai oleh siswa lainnya.
E. Evaluasi Pembelajaran
1. Penilaian: Penilaian dilakukan dengan tes pilihan ganda setelah pembelajaran usai.
2. Evaluasi Tiga Ranah: Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dilaksanakan melalui berbagai aktivitas dan observasi langsung.
3. Penilaian Proyek: Peserta didik mendapat penguatan atau feedback terhadap hasil diskusi yang telah dilakukan dan mengumpulkan LKPD.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, evaluasi pembelajaran mengenai materi teks eksplanasi dapat dilakukan secara efektif dan menyeluruh, memastikan bahwa peserta didik telah memahami dan dapat menulis teks eksplanasi dengan baik.Nah itu dia penjelasan tentang langkah-langkah menyeluruh mengenai evaluasi pembelajarannya, pembelajaran yang ada di kelas kemarin sangat banyak mafaatnya dan sesuai media yang di pelajarinya.
Citations:
[1] https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/532737-1672900663.pdf
[2] https://www.bola.com/ragam/read/5107523/15-contoh-soal-materi-teks-eksplanasi-beserta-kunci-jawabannya
[3] https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/509456-1673241429.pdf