Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia karena dapat dilihat Pada zaman sekarang sektor makanan dan minuman diantisipasi tetap menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung sektor manufaktur dan ekonomi nasional. Produk kuliner merupakan kebutuhan esensial dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, sehingga permintaan terhadap makanan ataupun minuman akan selalu ada. Fenomena ini membuka peluang bisnis kuliner yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil, bahkan di bawah Rp1 juta. Meskipun demikian, tidak dapat diabaikan bahwa memulai UMKM di bidang kuliner bukanlah hal yang sederhana. Para calon pengusaha harus memahami dan menguasai pengetahuan, keterampilan, dan etika dalam bisnis untuk meraih kesuksesan, mulai dari merumuskan ide usaha yang tepat hingga mengimplementasikannya dengan baik, serta menjalankannya secara efektif agar dapat tumbuh dan bertahan dalam persaingan bisnis.
KEMBALI KE ARTIKEL