Mohon tunggu...
KOMARUDIN
KOMARUDIN Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Seseorang yang pengen punya catatan yang akan dikenang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pramuka Berdampak Positif Pada Mapel PAI dan Budi Pekerti

11 Januari 2024   06:04 Diperbarui: 11 Januari 2024   06:20 399
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan ekstrakurikuler Pramuka semakin diakui sebagai sarana efektif untuk pengembangan karakter siswa. Salah satu aspek penting adalah pengaruhnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti.

Pramuka membuka peluang bagi siswa untuk mempraktikkan nilai-nilai keislaman dalam kegiatan sehari-hari. Melalui kegiatan kepramukaan, siswa diajak untuk menginternalisasi nilai-nilai moral, kejujuran, dan toleransi, yang secara langsung mendukung pengembangan budi pekerti dan karakter keislaman.

Kelebihan:

Pembentukan Karakter Islami: Pramuka memberikan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter Islami, melalui kegiatan-kegiatan seperti doa bersama, kajian agama, dan pelayanan masyarakat yang berorientasi keagamaan.

Pengembangan Keterampilan Budi Pekerti: Keterlibatan dalam Pramuka mengajarkan nilai-nilai budi pekerti seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama, yang merupakan fondasi penting untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan.

Kekurangan:

Waktu Tersita: Aktivitas Pramuka memerlukan waktu yang signifikan di luar jam pelajaran, yang mungkin mengurangi waktu siswa untuk fokus pada pembelajaran mata pelajaran inti.

Kesulitan Integrasi Kurikulum: Terkadang, sulit mengintegrasikan secara langsung materi pendidikan agama Islam ke dalam kegiatan Pramuka, sehingga ada potensi untuk kurangnya hubungan langsung antara kegiatan ekstrakurikuler dan mata pelajaran.

Data Keberhasilan:

Berdasarkan survei internal sekolah, 85% siswa yang aktif dalam kegiatan Pramuka melaporkan peningkatan pemahaman terhadap nilai-nilai keislaman dan budi pekerti. Hasil ujian mata pelajaran pendidikan agama Islam juga menunjukkan peningkatan signifikan pada siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dengan demikian, Pramuka dapat dianggap sebagai bagian integral dari pendidikan karakter yang holistik, meskipun perlu diperhatikan agar tidak mengorbankan waktu pembelajaran mata pelajaran inti.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun