Saat setelah ada berita mengenai kecelakaan ataupun insiden pesawat terbang, ulasan demi ulasan bermunculan dari berbagai pihak baik itu dalam format berita maupun analisis.
Kita pastinya ingin menjadi yang pertama memberitakan kejadian tersebut, namun dengan informasi yang masih sedikit dan terkadang simpang siur membuat pemberitaan dan ulasan kita menjadi kurang lengkap.
Terkadang berita mengenai pesawat yang mengalami 'loss of contact' (lost contact) diindikasikan atau diduga serta diikuti dengan kecelakaan tanpa merinci apakah pesawat mengalami loss of contact itu terjadi pada radar contact atau radio contact.
Bedanya adalah radar contact berkaitan dengan navigasi udara sedangkan radio contact berkaitan dengan komunikasi antara pilot dan pengawas ATC.
Gangguan daya atau tenaga listrik dan teknis bisa menyebabkan kedua contact tersebut tidak bisa dilakukan namun belum tentu berarti pesawat sudah mengalami atau dalam keadaan tidak lagi mengudara kecuali bila keadaan sudah berlangsung lama diluar ekspektasi.
Setelah ada pengumuman resmi adanya kecelakaan pesawat, ulasan berkembang menjadi berbagai analisis dari berbagai pihak dan bahkan dari pakar penerbangan, namun sebenar apapun analisis tersebut, sifat nya masih prematur atau dengan kata lain masih spekulatif.
Kecelakaan pesawat sama dengan kecelakaan lainnya yang merupakan rangkaian kejadian, hanya saja pada pesawat akan lebih kompleks karena merupakan sebuah kesatuan sistem dimana masing masing bagian dapat saling memengaruhi.
Keletihan dapat menjadi faktor pemicu kecelakaan mobil sehingga membuat pengendara tidak fokus mengendalikan kendaraannya, begitu pula pada pilot, atau perawatan yang tidak dilakukan secara berkala dengan diselingi dengan inspeksi inspeksi pre flight/ perjalanan, beberapa gangguan seperti roda pecah atau matinya AC pun akan meningkat kemungkinan terjadinya.
Kondisi dan keadaan yang dihadapi di kokpit juga dapat berbeda beda sehingga walaupun faktor sistem bisa menjadi faktor trigger namun masih ada faktor lain yang berkontribusi yang berbeda pada setiap kondisi dan keadaan.
Semua analisis baru akan berakhir pada pengumuman resmi investigasi yang dilakukan oleh pihak yang berwenang yaitu komite atau agensi yang memiliki peran dan fungsi pada penyelidikan kecelakaan pesawat terbang.