Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Penggemar pesawat berbagai jenis dan pengoperasiannya serta perkembangannya melalui membaca. Airport of Birth : HLP Current Airport : DPS

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Berapa Harga Seat Belt pada Kursi Pesawat?

7 Januari 2023   06:03 Diperbarui: 7 Januari 2023   06:56 554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pesawat dengan lapisan berwatna hijau (foto: Phillip Capper via Wikimedia Commons)

Ketika sebuah pesawat sudah melampaui usia operasional nya biasanya pesawat tersebut dikeluarkan dari armada dan adakalanya ditawarkan kepada peminat yang ingin memilikinya.

Namun jika tidak ada yang ingin membelinya maka jalan terakhir adalah menerbangkannya ke tempat akhir bernama boneyard untuk kemudian di scrapped atau di preteli komponen komponen nya untuk di daur ulang atau lainnya.

Ada sebuah berita di situs Aerotime Hub mengenai pesawat Boeing BBJ B-747 8 yang dikabarkan akan di scrapped atau dipensiunkan dan di preteli, pesawat ini masih tergolong baru dalam artian usia operasionalnya atau jam terbangnya, dimana pesawat ini baru mengantongi kurang dari 30 jam terbang sedangkan umur pesawat ini sejak diserahterimakan kepada pemiliknya adalah 10 tahun.

Definisi umur pesawat memang tidak dilihat dari usia pesawat sejak keluar dari pabrik melainkan dilihat dari usia operasional nya seperti pressurization cycle,  jumlah jam terbang yang sudah dikantongi serta jumlah takeoff dan landing.

Pesawat ini tadinya diberitakan telah dilirik oleh putera mahkota Arab Saudi yaitu Sultan Abdul bin Aziz  namun beliau meninggal bulan Oktober 2021 yang lalu sehingga nasib pesawat ini terkatung katung hingga akhirnya diputuskan untuk di scrapped.

Ada satu hal yang menarik disini dimana disebutkan bahwa mesin pesawat sudah dulu dilepas.

Mesin pesawat memang merupakan salah satu komponen utama yang paling mahal selain dari landing gear (roda pendaratan) dimana harga per unit nya bisa mencapai jutaan dollar tergantung dari vendor dan jenis pesawatnya.

Baca juga: Airport Curfew

Untuk pesawat maskapai, pemasok mesin yang umum terdengar adalah Rolls Royce, General Electirc dan Pratt & Whitney namun untuk sebagai gambara bisa di angka USD 12 juta lebih.

Jadi bisa dibandingkan dengan harga pesawat Airbus A-380 sekitar USD 350 juta sedangkan untuk pesawat Airbus A-320 sekitar USD 98 juta, harga ini menurut situs axonaviation.

Jika kita berbicara mengenai pesawat maskapai maka ini hanya satu dari keseluruhan komponen pada pesawat baik yang utama maupun komponen lainnya dalam kabin seperti kursi, trolley, inflight entertainment system, seat belt dan lain lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun