Mohon tunggu...
ida nengah kokoh
ida nengah kokoh Mohon Tunggu... -

Mahasiswa pendidikan sosiologi universitas mataram

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Metode, Media dan Penguasaannya

4 April 2015   07:06 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:34 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Multi metode dalah cara yang digunakan oleh guru dalam suatu pengajaran yang sesuai dengan karakter siswa,hal ini membuat siswa tertarik dan aktif dalam proses belajar dan hal ini membuat wawasan siswa lebih luas sehingga proses belajar menjadi sukses.

Dalam multi media ini guru harus memahami semua karakter siswa agar mudah memilih metode yang sesuai dalam proses pengajaran.Kebanyakan guru saat ini menggunakan metode dikusi kelompok dalam proses belajar,dimana harapan guru dalam metode diskusi ini adalah siswa bisa membentuk kerjasama dalam kelompoknya dan tidak melakukan sesuatu dengan sendiri.Metode ini banyak disenangi oleh para siswa dikarenakan hal ini siswa tidak perlu berfikir secara individual saja.Akan tetapi metode ini juga dijadikan kesempatan oleh beberapa siswa yang malas untuk tidak mengerjakan tugas dan membiarkan siswa yang rajin dalam kelompoknya untuk mengerjakan tugas tersebut,tentu saja hal ini tidak sesuai dengan harapan dari guru tersebut.

Metode diskusi seharusnya guru terlibat langsung dengan siswa dan guru harus tau siapa saja siswa yang aktif dan mana yang tidak aktif,hal ini menjadi evaluasi bagi guru untuk menggunakan atau bahkan menciptakan metode yang bisa langsung dipahami oleh para siswa secara menyeluruh.

Penggunaan multi metode ini sangat berguna dan bermanfaat dalam proses belajar dkarenakan proses belajar tidak hanya mebaca dan menghafal tetapi siswa ditekankan untuk bisa lebih memahami apa yang sedang dipelajari,guru juga berperan penting untuk memberikan metode yang sesuai dengan kemampuan siswanya dan jika metode yang digunakan berhasil maka kualitas siswa yang dihasilkan akan baik dan mutu dari guru tersebut menjadi baik pula.

Ditekankan kepada para guru khususnya guru sosiologi untuk menggunakan metode yang langsung dipahami oleh para siswa.Terlebih dahulu guru harus memahami karakter siswa,memahami kondisi siswa dan bahkan memahami suasana dan kondisi kelas bahkan sekolah,setidaknya hal ini sedikit berpengaruh dalam proses belajar siswa.

Dalam proses belajar penggunaan multi metode tidak hanya satu-satunya yang digunakan oleh guru dalam pengajarannya,tetapi ada juga Multi Media yang bisa digunakan.Disini guru ditekankan harus memanfaatkan semua multi media yang ada hala ini untuk tidak menciptakan rasa bosan para siswa dalam proses belajar sehingga siswa lebih tertarik lagi belajar.Penggunaan metode ini hendaknya guru harus menguasai dan memahami multi media yang akan digunakan supaya saat menggunakan multi media ini guru tidak kebingungan untuk mengoperasikannya.

Penggunakan multi media yang sering digunakan oleh para guru aalah media elektronik seperti Komputer dan LCD.Penggunaan computer atau laptop ini bertujuan agar siswa bisa mempelajari dan mengoperasikan teknologi yang ada,hal ini bertujuan membuat siswa memiliki wawasan lebih luas tentang teknologi dan tahu dalam mengoperasikannya karena masih banyak siswa yang tidak bisa mengoperasikan teknologi tersebut dikarenakan kurang mendapatkan pengajaran tentang teknologi.

Yang kedua adalah LCD,dimana media ini paling sering digunakan oleh para guru dalam proses belajar Karena peran LCD yang dapat memunculkan file dalam computer atau laptop dengan lebih besar.Hal ini dapat mempermudah guru untuk dalam melakukan pengajaran kepada siswanya disamping itu masih banyak guru yang tidak bisa mengoperasikannya dikarenakan media ini jarang sekali digunakan dalam proses belajar oleh karena itu setidaknya guru harus mempelajarinya terlebih dahulu karena jika gurunya saja tidak bisa apalagi muridnya.

Menggunakan media ini guru ditekankan untuk menampilkan slide-slide pelajaran yang akan dilakukan agar siswa tidak bosan mendengar penjelasan yang hanya diberikan oleh guru saja tetpi bisa melihatnya secara langsung.Setidaknya metode ini guru tidak hanya membeikan dalam bentuk kata-kata saja tetapi bisa disertakan gambar atau ilustrasi yang akan diajarkan tersebut dikarenakan siswa tidak hanya menghafal tetapi juga memahami apa yang diajarkan tersebut.Guru juga harus sesekali menayangkan video yang sesuai dengan apa yang diajarkan dan memberikan kesempatan pada siswa untuk memaknai apa yang ada dalam video tersebut,sehingga siswa menjadi bisa lebih paham apa yang diajarkan dan tertarik mempelajarinya lebih dalam lagi.

Dari hal yang saya jelaskan tadi tentang multi metode dan multi media tersebut dapat saya simpulkan bahwa manfaatnya bagi siswa sangat baik untuk menciptakan minat belajar siswa kedepannya dan guru harus mempelajajari dan memahami metode dan media apa yang akan digunakan dalam proses belajar agar proses belajar menjadi lancar,sukses dan bermanfaat bagi semua orang

Jangan lupa guru dalam menggunakan multi metode dan multi media hendaknya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalm penggunaan hal tersebut dan diharapkan kepada para guru untuk menggunakan metode dan media dengan baik supaya belajar bagi siswa tidak menjadi sia-sia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun