Dalam perjalanan pulang menuju Tangerang, terlihat seorang ibu akan memasuki bus Transjakarta. Namun, ia mengatakan bahwa saldo pada kartunya habis.
Saya sedang berada di dalam bus, mengamati kejadian tersebut. Hingga akhirnya ibu tersebut diizinkan masuk oleh supir bus. Lalu, meminta bantuan orang lain untuk diisikan saldo kartu e-Money. Alasannya tidak bisa isi saldo di halte, dikarenakan alatnya sedang gangguan. Namun, setelah dibantu isi saldo hanya dapat 4M alias Terima Kasih Mas, Terima Kasih Mbak.Â
Saya juga punya pengalaman serupa, saat akan memasuki pintu untuk memasuki halte. Meminta bantuan untuk tap kartu, karena saldo kartunya habis. Setelah saya membantu tap kartu, hanya mendapatkan ucapan terima kasih.
Pada keadaan saat ini untuk melakukan kebaikan, rasanya tidak mudah membedakan antara orang yang benar sedang kesulitan atau memiliki niat kurang baik. Bagaimana menurut teman-teman jika ada yang meminta tolong isi saldo uang elektronik?Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H