KOKO BUDI PRATAMA
Â
MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNJANI
Â
CIMAHIÂ
Â
ABSTRAK
Â
Ki Hajar Dewantara, yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem pendidikan yang mengedepankan kemandirian, nasionalisme, dan kebudayaan Indonesia. Artikel ini membahas perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam mendirikan Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang revolusioner pada masanya. Dengan menggunakan prinsip Tri Nga: Ngerti (mengerti), Ngrasa (merasakan), dan Nglakoni (melakukan), Ki Hajar Dewantara berupaya membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan melalui pendidikan. Artikel ini juga mengkaji nilai-nilai yang dapat diteladani dari sikap Ki Hajar Dewantara, termasuk kemandirian, keberanian, komitmen terhadap pendidikan, dan cinta budaya. Meneladani sikap-sikap ini dapat membantu kita berkontribusi dalam pembangunan bangsa yang lebih baik, sejalan dengan visi dan perjuangan Ki Hajar Dewantara.
PENDAHULUAN
Â