Dibalik tulisan iklan yang cemerlang, ada peran seorang copywriter di belakangnya. Tugas seorang copywriter dalam medium komunikasi adalah untuk melakukan promosi dan pengiklanan dengan tujuan membangun kesadaran audiens akan brand perusahaan. Tentu hal ini tidak mudah, mereka perlu pendekatan emosi yang tepat sasaran kepada para pembacanya agar tujuan penulisan tersebut tercapai.Â
Tidak heran profesi ini begitu banyak diminati saat ini dengan berbagai kisah yang melandasinya. Seperti kisah dari Intan Puspita Arum seorang Copywriter dari Tribunnews yang berbagi pengalamannya selama bergelut di profesi ini. Mulai dari suka dan dukanya, hingga sepak terjang perjalanan karirnya.Â
Kisah Copywriter Itu Bermula Di sini
Dari kecil, seorang Intan Puspita Arum sudah gemar membaca dan menulis. Mulai dari cerita pendek, puisi, dan kisah fiksi lainnya. Bahkan, ia memiliki kegemaran di pelajaran Bahasa Indonesia sejak duduk di bangku sekolah. Hobi dan kegemaran sejak kecil memang dapat menjadi landasan dalam diri kita untuk menentukan cita-cita di masa depan.
Ternyata, ia juga melanjutkan kuliahnya di bidang Ilmu Komunikasi. Latar belakang ini membawanya untuk memiliki pengalaman bekerja di perusahaan penerbit maupun digital agensi, hingga saat ini sudah menjadi bagian dari Tribunnews, Kompas Gramedia.Â
Setiap orang tentu memiliki kisahnya masing-masing, dengan latar belakang berbeda. Termasuk para copywriter yang menemukan alasan utamanya untuk terjun di dunia tulis menulis ini. Namun, dunia fiksi dan latar belakangnya di bidang komunikasi membawa seorang Intan Puspita Dewi untuk berkarir sebagai copywriter.Â
Sehari-harinya, Intan bertugas untuk membuat konten tulisan di sosial media, seperti mengecek caption dan menyiapkan deck untuk materi tulisan. Selain itu, juga memberikan nama untuk campaign dan jargon yang akan dijalankan oleh perusahaan. Lalu, menulis artikel rilis saat ada event atau acara tertentu. Tidak jarang, ia juga bertugas untuk menyiapkan materi video seperti menyusun storyline dan script.Â
Baca Juga:Â Saatnya Memulai Karir Sebagai Social Media Specialist!
Kemampuan Dasar Untuk Copywriter
Untuk terjun di dunia copywriting ini, tentu membutuhkan beberapa kemampuan dasar.  Mengingat profesi ini tidak hanya tentang menulis tapi juga mengandung unsur kreativitas yang menjual di dalamnya. Menurut Intan, ada beberapa kemampuan yang perlu dicatat oleh para calon copywriter saat ini.Â
Menulis
Tentu, menulis adalah basis utama yang tidak boleh kita lewatkan dalam menggeluti profesi ini. Kegiatan seperti pengelolaan kata-kata, membuat narasi, dan menyusun kerangka tulisan adalah hal-hal yang akan sering ditemui dengan menjadi copywriter. Termasuk kemampuan dalam menulis secara persuasi, yaitu mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu.Â
"Paling penting ya suka nulis, karena kerjaan pasti bakal nulis terus" Menurut Intan tentang kemampuan dasar copywriter.
Kreativitas
Karena memiliki tujuan untuk persuasi dan mencapai brand awareness, kreativitas sangat dibutuhkan agar menghasilkan naskah iklan yang ciamik. Yaitu dengan menghadirkan unsur kreativitas yang menarik minat audiens terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Seperti menentukan judul yang ikonik, alur tulisan yang menarik, dan topik yang relevan dan banyak dicari oleh pembaca bagi copywriter. Termasuk mencari ide-ide atau inspirasi dari brand lain dengan melihat cara  berkomunikasinya.Â