Mohon tunggu...
koalajengke
koalajengke Mohon Tunggu... -

newbie belajar membuat artikel

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Smartphone Mengubah Proses Bisnis

17 Februari 2016   08:56 Diperbarui: 18 Februari 2016   11:39 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pada saat ini keberadaan smartphone sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari,  misalnya saja ketika kita baru bangun tidur apa sih yang pertama kali kita cari ?  ya smartphone, meskipun tidak penting sekali apa isi  dari konten pada smartphone tersebut. Nah dari kondisi seperti ini  tidak dapat kita pungkiri bahwa  smartphone sepertinya sudah menjadi trend bahkan menjadi kebutuhan kita sekarang ini, tiap kali kita pergi bekerja maupun beraktifitas yang lainnya tidak luput dari yang namanya gadget yang satu ini.

Dalam perkembangannya smartphone tidak lagi digunakan hanya untuk sekedar melakukan  panggilan ataupun sms saja melainkan sudah melebihi dari itu, bahkan smartphone juga dapat mengubah proses bisnis yang sudah ada menjadi lebih efektif dan efisien, misalnya saja kita ambil  salah satu contoh penggunaan smartphone pada proses pemesanan menu makanan atau minuman disebuah restoran, biasanya pada proses manual si pelayan menawarkan langsung menu masakan ataupun menu minuman yang ada direstoran tersebut kepada para pelanggan yang datang, dimana kerap kali setiap pelayan  melayani satu orang pelanggan yang baru datang membutuhkan waktu yang cukup lama antara 5-10 menit, hal ini dikarenakan kebiasaan para pelanggan tersebut suka menanyakan kembali apa menu masakan maupun minuman yang ada direstoran tersebut secara detail agar sesuai dengan keinginannya, belum lagi harus mencatat makanan yang dipesannya, ada pula pelanggan yang suka minta ini itu atau menambah pesananya. Dengan fenomena seperti ini jika terjadi peningkatan pelanggan yang datang pada restoran tersebut maka akan mangalami keterlambatan pelayanan terhadap satu pelanggan ke pelanggan yang lainnya, ok sudahlah kita abaikan saja proses seperti itu mari kita bahas era digital.

Karena tuntutan jaman belakangan ini terjadi fenomena baru dimana ada beberapa restoran yang sudah mulai beradaptasi, dimana dari beberapa restoran tersebut sudah mulai beralih yang tadinya proses dilakukan manual dengan memanfaatkan teknologi yg ada maka proses tersebut dilakukan secara digital, mungkin dari semua proses yang ada tersebut tidak dapat dibuat digital,  kita ambil contoh salah satu proses pemesanan yg ada direstoran itu biasanya pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan dilayani oleh seorang pelayan, maka dengan bantuan alat smartphone proses pemesanan makanan dan minuman pada restoran tersebut akan lebih mudah dan lebih praktis pelayan tidak harus lagi mendatangi pelanggannya satu persatu karena hanya dengan mengakses langsung smartphone yang sudah terhubung ke dapur pesanan direstoran tersebut , si pelanggan hanya tinggal memilah-milah menu makanan atau minuman apa yang akan dipesannya, dan biasanya menu makanan tersebut ditampilkan secara interaktif dilayar smartphone yang telah disedikan oleh restoran tersebut agar pelanggan juga lebih tertarik melihat presentasi menunya.

Dari proses tersebut si pelayan hanya tinggal mengantarkan makanan ataupun minuman yang sudah dipesan dan telah selesai diracik oleh chef (koki) kapada pelanggannya. Selain itu juga biasanya ada hal yang agak pribadi si pelanggan suka bertanya-tanya, wah berapa ya uang yang harus saya bayarkan untuk membayar pesanan yang dipesan tersebut ? Hmm nah dengan fitur-fitur yang sudah terintegrasi dengan kasir ini dapat ditampilkan dilayar smartphone atau gadget, dan si pelanggan juga bisa langsung menyiapkan uang yang harus ia bayarkan dikasir, sehingga pada saat pembayaran langsung dikasir tidak ada antrian karena si pelanggan sudah menyiapkan uangnya terlebih dahulu selain dari itu ada cara pembayaran lain dengan menggunakan pemanfaatan teknologi NFC pada smartphonenya untuk melakukan pembayaran teknologi ini langsung terintegrasi dengan pihak bank sehingga si pelanggan tidak harus antri lagi dikasir untuk membayar tagihan makananya. Nah ini merupakan salah satu contoh dari sekian banyak manfaat dari penggunaan teknologi smartphone ke arah positif untuk mengubah proses bisnis yang sudah ada menjadi lebih mudah, lebih interaktif dan lebih menarik perhatian para pelanggannya.

Dapat disimpulkan bahwa smartphone bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder bisa saja sudah menjadi kebutuhan primer kita, dari suatu proses yang tadinya berjalan manual menjadi otomatis, lebih praktis dan cepat dengan bantuan smartphone ini. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, sehingga dapat merangsang pemikiran para pembaca untuk memanfaatkan smartphone yang kita gunakan ke arah yang lebih baik lagi, lebih bijak dan bermanfaat untuk menghasilkan suatu value baru.

By : koalajengke

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun