Mohon tunggu...
trunkaz
trunkaz Mohon Tunggu... Freelancer - wordsmith Freelancer sustainable tourism

Saya adalah individu yang ingin tahu dan bersemangat yang selalu ingin belajar dan berbagi pengetahuan saya dengan orang lain. Saya adalah pendukung kuat kekuatan pendidikan dan saya selalu mencari cara baru untuk berbagi pengetahuan saya dengan dunia. Saya adalah penulis dan komunikator yang berbakat dengan bakat untuk menjelaskan konsep kompleks dengan cara yang jelas dan ringkas. Saya juga pembicara publik yang berbakat yang mampu memikat dan melibatkan audiens dari segala ukuran. Saya bersemangat tentang berbagai topik, termasuk sejarah, sains, teknologi, dan masalah terkini. Saya selalu siap untuk debat yang bagus dan saya suka belajar hal-hal baru. Saya seorang pekerja keras dan selalu bersedia untuk melangkah lebih jauh. Saya juga pemain tim dan saya selalu bersedia membantu orang lain. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada tim atau organisasi mana pun. Saya adalah individu yang termotivasi dan berorientasi pada hasil yang selalu mencari tantangan baru. Saya bersemangat tentang masa depan dan saya ingin melihat apa yang akan terjadi. Saya yakin bahwa saya dapat mencapai hal-hal besar dan saya berkomitmen untuk membuat dampak positif pada dunia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Youth Fest Labuan Bajo 2023: Dorongan Positif untuk UMKM Manggarai Barat

31 Oktober 2023   22:30 Diperbarui: 31 Oktober 2023   22:39 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Youth Fest 2023 Labuan Bajo (knowledgewolrd)

Youth Fest Labuan Bajo 2023: Dorongan Positif untuk UMKM Manggarai Barat

Labuan Bajo,  Oktober 2023 - Youth Fest 2023, yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 28 Oktober 2023, merupakan salah satu peristiwa yang penuh semangat dan inspiratif. Festival ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah ini, terutama di Manggarai Barat. Dalam artikel ini, kita akan menggali bagaimana festival ini telah menjadi pendorong utama bagi UMKM lokal dan mengapa Youth Fest Labuan Bajo 2023 menjadi peristiwa yang begitu dinantikan.

Mendorong Kreativitas dan Kewirausahaan

Youth Fest Labuan Bajo 2023 adalah acara yang merayakan semangat pemuda dan mengusung tema "Berani Berintegritas." Festival ini telah menjadi platform yang menginspirasi bagi pemuda untuk menggali kreativitas dan semangat wirausaha mereka. Di balik sorotan panggung dan atraksi seni yang memukau, terdapat kisah-kisah inspiratif yang tidak boleh terlupakan.

Peningkatan Penjualan UMKM

Salah satu dampak yang paling nyata dari Youth Fest 2023 adalah peningkatan penjualan bagi para pelaku UMKM di Labuan Bajo. Pemilik kedai kopi "Kopi Didi," adalah salah satu pelaku UMKM yang merasakan dampak positif ini. Penjualannya pada hari festival meningkat lebih dari dua kali lipat dari biasanya. Ia merasa sangat bersyukur karena festival ini memberinya kesempatan untuk memperluas jangkauan produknya dan memperkenalkan kopi lokalnya kepada khalayak yang lebih luas.

Selain pemilik kedai kopi Didi, banyak pelaku UMKM lain juga melaporkan peningkatan penjualan selama festival. Penjual camilan tradisional melaporkan peningkatan penjualan sebesar 50%, sementara penjual suvenir melaporkan peningkatan sebesar 80%. Ini adalah bukti konkret bahwa Youth Fest telah menjadi ajang promosi yang efektif bagi UMKM di Labuan Bajo.

Dukungan dari IFG

Tidak hanya mendorong kreativitas dan kewirausahaan pemuda, Youth Fest Labuan Bajo 2023 juga mendapat dukungan besar dari Indonesia Financial Group (IFG), sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus pada asuransi, jaminan, dan investasi. IFG memberikan kontribusi yang signifikan dalam memfasilitasi festival ini, serta mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 pada 4 November 2023.

Acara marathon ini tidak hanya sebuah ajang olahraga, tetapi juga inisiatif pariwisata yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo. Dukungan dari IFG membuktikan komitmen BUMN untuk mempersiapkan pemuda Labuan Bajo menjadi bagian dari visi Indonesia Emas 2045.

Masa Depan Penuh Harapan

Youth Fest Labuan Bajo 2023 adalah contoh sempurna tentang bagaimana acara-acara seperti ini dapat menjadi sarana yang kuat untuk mendukung perekonomian lokal dan memberdayakan UMKM. Di Labuan Bajo, di mana perekonomian sangat bergantung pada sektor pariwisata, festival ini telah membuktikan bahwa keragaman ekonomi adalah kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Masa depan Youth Fest Labuan Bajo dan UMKM di daerah ini tampak cerah. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan dampak positif festival ini pada UMKM:

  1. Meningkatkan Promosi Festival: Dengan promosi yang lebih baik, lebih banyak masyarakat dapat mengetahui dan berpartisipasi dalam festival, yang pada gilirannya akan mendukung UMKM.
  2. Fasilitas dan Dukungan yang Memadai: Menyediakan fasilitas seperti tempat berjualan yang memadai, akses listrik, dan akses internet dapat membantu UMKM untuk beroperasi dengan lebih efisien selama festival.
  3. Pelatihan dan Pendampingan: Menyediakan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM dapat membantu mereka meningkatkan kualitas produk dan jasa mereka, sehingga dapat bersaing lebih baik.

Anda Juga Bagian dari Perubahan

Akhir kata, kita semua dapat menjadi bagian dari perubahan yang positif ini. Dukungan kepada Youth Fest Labuan Bajo dan UMKM lokal adalah langkah pertama yang dapat kita ambil. Dengan demikian, kita dapat membantu memastikan bahwa masa depan Labuan Bajo yang kita impikan akan menjadi kenyataan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun