Database adalah suatu komponen penting agar usaha tetap eksis. Optimalisasi pengelolaan database akan menunjang perkembangan bisnis, kita tahu bahwa persaingan bisnis semakin hari semakin ketat. Munculnya bisnis sejenis dengan inovasi yang sangat beragam tentunya menjadi sebuah tantang tersendiri. Oleh karena itu salah satu alternatif untuk bertahan dalam persaingan adalah pengelolaan database pelanggan dengan benar.
Di era bisnis digital yang sedang berkembang sangat pesat saat ini, database pelanggan merupakan suatu asset yang sangat berharga. Sukses atau tidaknya suatu usaha juga dapat dilihat dari seberapa banyak dan luasnya pelanggan yang dimiliki.Â
Untuk pelanggan sendiri dapat kita kategorikan menjadi 3 kelompok, yakni:
- Cold: Merupakan customer yang sama sekali belum kenal kita atau belum kenal produk kita
- Warm: Merupakan customer yang sudah mengenal kita/produk kita baik itu dari relasi customernya sendiri, iklan atau project marketing yang kita jalankan
- Hot: Merupakan customer yang sudah sangat mengenal tentang kita dan kualitas produk/jasa yang kita jalankan
Pada artikel kali ini, akan dibahas fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi Keyboard Wabot yang dapat kita gunakan untuk mengelola database ada. Nah sebelum kita bahas lebih lanjut fitur-fiturnya mari kita terlebih dahulu membahas sedikit tentang aplikasi tersebut.
Banyak sekali fitur-fitur pada aplikasi ini yang dapat membantu para pebisnis online dalam menjalankan bisnisnya. Diantaranya:
- WhatsApp Form
- Keyboard Wabot & Auto Text
- Schedule Messege
- Auto Reply
- Manajemen Data Customer
- Export Import Kontak Otomatis
- Manajemen Data Operator
- Auto Follow Up
- Leads Magnet (Autoresponder)
- Template Promosi
- WA Link Generator
- Link Page
- API Key untuk Webhook & Whatsapp Gateway
- Ucapan Selamat Ulang Tahun Otomatis, dll
Nah banyak sekali kan fiturnya? Selanjutnya mari kita bahas fitur-fitur aplikasi Keyboard Wabot yang dapat membantu mengelola database pelanggan.
1. Fitur Leadmagnet (Autoresponder)
Apabila Anda belum mempunyai database pelanggan fitur ini bisa digunakan untuk menyaring pelanggan kategori 'cold' kedalam database pelanggan baru yang akan Anda buat. Dengan fitur ini Anda dapat membuat sebuah form yang dapat digunakan untuk mendapatkan data para calon pelanggan sebagai langkah pertama membangun database. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan data kontak orang-orang yang sekiranya tertarik dengan produk usaha Anda, kontak yang dimaksud bisa berupa email, nomor telepon/ nomor WhastApp, dan/atau alamat.
Fitur ini selain bisa bisa digunakan dalam proses membangun database pelanggan juga bisa digunakan untuk building list lain seperti: