Media sosial di era saat ini telah berkembang sangat pesat. Setiap perintis usaha akan memaksimalkan penggunaan media sosial guna memperkenalkan produk keterampilan via online. Era saat ini dalam memasarkan produk menjadi hal yang sangat krusial bagi perintis usaha, karena metode ini memudahkan metode pemasaran produk yang pernah ada sebelumnya. Kemampuan setiap perintis usaha yang dapat menampilkan foto produk yang menarik hingga mempromosikan produk secara kreatif pada media sosial kelmpok dapat menjadi hal yang berkesan dan menarik setiap konsumen.
Bersama Kelompok Barokah Migran dalam mengembangkan keterampilan warga Desa Wringinpitu dapat berkreasi selama kurang lebihnya 10 tahun, sejak 29 November 2014 dan sudah menciptakan keterampilan tangan yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan ibu rumah tangga. Namun, kelompok Barokah Migran tidak bergerak sendiri melainkan didampingin oleh Migran Care Kabupaten Banyuwangi yang membantu menciptakan produk olahan tangan yang bisa dipasarkan. Saat ini konsumen dari Kelompok Barokah Migran telah berskala internasional contohnya Thailand, Hongkong, Malaysia, Arab Saudia, dan lain-lain. Meluasnya pangsa konsumen dari Kelompok Barokah Migran ini dikarenakan, banyak rekan dari anggota kelompok yang bertempat tinggal di negara tersebut dan mengetahui produk olahan tangan. Ini tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam mengenalkan produk bahkan, dari tim Migran Care Kabupaten Banyuwangi ikut membantu memberikan saran dan juga dukungan.
Maka dari itu, mahasiswa KKN BBK 4 Universitas Airlangga pada tanggal 17 Juli 2024 tepatnya di Desa Wringinpitu dapat memberikan pelatihan keterampilan digital marketing yang membahas mengenai platform yang paling mudah digunakan hingga hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasarkan produk di media sosial. Saat dilakukannya pelatihan ini, Kelompok Barokah Migran dapat menerapkannya pada media sosial instagram dan juga platform penjualan online seperti Shopee. Tidak hanya dilakukan pelatihan dalam keterampilan digital marketing melainkan pelatihan dalam fotografi produk yang baik dan dapat memberikan kesan positif kepada konsumen. Dalam pelatihan fotografi produk, mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR menjelaskan beberapa elemen fotografi produk, manfaat ataupun pentingnya penggunaan foto real produk dan juga tutorial fotografi produk yang baik dan benar. Hal ini kami lakukan pelatihan hanya menggunakan media kamera handphone dengan metode yang simple.
Sebelum menentukan pemilihan tema ini, mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR melakukan survei pada kelompok Barokah Migran terkait kendala yang terjadi selama ini dan salah satunya terkait pelatihan fotografi produk yang menarik di mata konsumen. Dalam dunia digital yang terus berkembang, kemampuan ini sangatlah penting guna mencapai tujuan bersama dan laju pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Harapan kami mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR mendatang dapat terinspirasi dan dapat menciptakan produk olahan tangan yang dapat dipasarkan oleh Kelompok Barokah Migran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H